Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Gedung Baru "Gangnam Style"....

Kompas.com - 12/06/2013, 19:59 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Lagu pop berjudul "Gangnam Style" membawa daerah Gangnam di Korea Selatan mendunia. Kini, daerah premium di Seoul, tersebut memiliki gedung baru yang ? melambangkan semangat gaya Gangnam.

Sebenarnya gedung ini hanya mendapat tampilan baru pada "kulit luar"-nya. Jauh sebelum "Gangnam Style" dikenal dunia, perusahaan arsitektur MVRDV dipekerjakan oleh Woon Nam Management Ltd. untuk mengubah Gedung Chungha di Jalan Apgujung tersebut.

Sebelum direnovasi, Chungha yang dibangun tahun 1980-an, itu tampak tidak menyenangkan di antara toko-toko glamor yang menjajakan merek mahal. Padahal, ia menjadi "rumah bagi koleksi aksesoris berbahan kulit asal Perancis, Louis Quatorze, di lantai pertama, kantor perencana pernikahan, perlindungan konsumen, dan dua praktik bedah plastik di lantai kedua.

Bahkan, bangunan 30 tahun itu tertutup baliho yang berisi iklan-iklan serta label-label yang ditempelkan pada permukaannya.

Itu dulu, namun kini Chungha berubah drastis. Tampilan anyarnya merefleksikan kemajemukan masyarakat di sana lewat jendela-jendela berbagai ukuran di sekitar bangunan.

Tidak hanya unik, bangunan ini juga dilengkapi dengan LED berbagai warna. Dengan LED ini, setiap malam jendela-jendela tersebut tampil memukau dan menonjol di antara bangunan-bangunan lain.

Realisasi Chungha baru ini berkat kolaborasi dengan InC design (arsitek pendamping dan manajemen proyek), Ain Construction, 1'st Structure, Total LED, dan M&S Ceramic. Karena merekalah, gedung ini memiliki "hidup baru". Jika dahulu bagian eksterior harus dikotori dengan berbagai spanduk iklan, kini para penyewa gedung dapat menempatkan iklan tembus pandang pada ruang khusus di jendela-jendela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com