Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu-abu Tak Selalu Kelabu

Kompas.com - 07/06/2013, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Dalam pemilihan warna eksterior, sebagian besar pemilik rumah menginginkan warna yang menggambarkan kebahagiaan dan keharmonisan keluarga. Maka itu, warna hitam, abu-abu, dan warna-warna gelap lainnya tidak menjadi pilihan umum.

Namun, rumah tinggal di Tokyo, Jepang, ini berbeda. Rumah bernama "M House" karya Jun Aoki ini menggunakan warna abu-abu sebagai warna eksterior rumah. Bentuk trapesium yang kaku dan masif, serta warna abu-abu membuatnya tampak seperti penjara.

Rumah tersebut memiliki tiga lantai atau setinggi 9,90 meter dengan titik tertingginya 12,75 meter. Letaknya di persimpangan jalan dengan tanah berukuran 10,65 meter x 10,41 meter.

Dengan bentuk rumah menyerupai balok, tak banyak ornamen maupun bentuk-bentuk apik yang dapat ditemui dari sisi luar rumah ini. Namun, ketika mempelajari lebih lanjut, Anda akan menemukan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan rumah ini.

Salah satu contohnya, eksterior rumah ini memiliki insulasi termal setelah 40 mm yang terbuat dari polistiren pada lapisan plaster berwarna hitam. Melangkah ke dalamnya, Anda akan menemukan tujuh teras dalam di sekeliling rumah. Setiap teras menghubungkan dua ruangan.

Ruang-ruang ini memberikan ventilasi cukup pada ruang terbatas. Setiap ruang dengan ukuran yang berbeda-beda itu kemudian dibagi oleh pintu-pintu kaca, salah satunya berada di lantai dasar dan terhubung pada jalan masuk.

Di lantai kedua, ada tiga "teras dalam". Satu mengarah pada kamar tidur dengan ruang cuci, satu lagi dengan kamar mandi dan lemari, ketiga mengarah ke ruang menulis dan kamar tidur. Lantai ketiga cukup berbeda.

Di lantai tersebut terdapat teras berbentuk segitiga. Sudut siku-sikunya menghadap ruang keluarga, namun ada pula yang terhubung pada ruang keluarga dan dapur.

Berbeda dengan sisi luarnya yang tampak gelap dan kelabu, interior rumah ini jauh berbeda. Lantai interior ditutupi dengan kayu berwarna muda, sementara dinding ditutupi oleh kayu dengan warna lebih tua. Langit-langit, seluruh kamar mandi, serta dinding "teras dalam" dipenuhi dengan warna putih. Dengan warna interior yang lebih terang, rumah ini dapat memiliki cahaya cukup dari pantulan sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com