Mengenal 10 Kursi Berdesain Unik dan Ikonik

Kompas.com - 19/03/2013, 14:41 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Berbagai desain kursi yang fenomenal dan unik sebenarnya sudah mulai bermunculan sejak tahun 1920. Tidak sedikit kursi-kursi unik dari tahun tersebut masih bertahan hingga saat ini.

Memang, meskipun pencipta desain kursi-kursi tersebut sudah meninggal dunia, namun kursi-kursinya masih digunakan dan dipuja hingga saat ini. Berikut ini hasil karya para maestro furnitur tersebut:

Kursi lounge dan ottoman Eames

Kursi lounge dan ottoman Eames merupakan desain ikonik dan sangat populer. Kursi tersebut merupakan hasil karya Charles dan Ray Eames. Bukan hanya "sekedar" menghias ruang-ruang duduk dan ruang kerja di seluruh dunia, kursi-kursi Eames kini juga "hidup" di museum-museum besar seperti MOMA, New York dan Art Institute of Chicago. Selain itu, berbagai dokumenter dan buku telah didedikasikan untuk kursi ini.

Kursi Eames tampil untuk pertama kalinya pada acara televisi Arlene Francis "Home" di saluran NBC di Amerika Serikat pada 1956. Setelah itu, seiring berjalannya waktu, kursi-kursi Eames tidak hanya terbatas pada material dan desain awalnya.

Kursi Eames juga tersedia dalam warna putih mutiara. Kursi ini memiliki komponen metal berselimut finishing putih yang menonjolkan aksen aluminium pada dasar kursi.

Saat ini, meski lebih kaya dalam hal variasi desain, produsen kursi Eames tetap mementingkan kualitas dan kenyamanan kursi tersebut.

Kursi Barcelona Ludwig Mies van der Rohe

Kurci ini didesain oleh Ludwig Mies van der Rohe dan Lilly Reich. Awalnya, kursi ini diciptakan untuk German Pavilion dalam International Exposition pada 1929. Kemudian, rangka kursi ini didesain kembali pada 1950 menggunakan besi nirkarat (stainless steel).

Produksi kursi ini bertempat di Amerika Serikat dan Eropa. Sejak 1953, perusahaan Knoll memegang hak eksklusif dalam memproduksi dan memasarkan produk tersebut. Maka, jika Anda menginginkan kursi ini, Anda akan mendapati logo KnollStudio dan tanda tangan Ludwig Mies van der Rohe di setiap unit kursinya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X