Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peritel Besar Kalah Saing dengan Pemain Kecil

Menurut Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, bergugurnya ritel pengecer besar karena dianggap kurang efisien.

"Mereka itu mulai ditinggalkan karena ekspansi ritel-ritel pengecer kecil. Orang sekarang melihat lebih mencari kepraktisannya," kata Ferry di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Kepraktisan yang dimaksud yaitu dari aspek lokasi. Ritel pengecer besar cenderung memiliki toko atau gerai di lokasi tertentu yang tak jarang cukup jauh dijangkau oleh masyarakat.

Persoalan lainnya yakni lahan parkir yang terbatas sehingga membuat masyarakat merasa kurang efisien bila harus menggunakan kendaraan pribadi untuk berbelanja di sana.

Kondisi tersebut, tentu berbanding terbalik dengan ritel pengecer kecil yang jumlahnya menjamur di masyarakat.

Bahkan, di beberapa lokasi tak jarang terdapat dua ritel pengecer kecil yang notabene merupakan kompetitor namun dapat berdiri berdampingan.

"Sekarang kita malas ke toko ritel besar karena waktunya lama, cari parkir susah, dan pilihannya (penggantinya) lebih banyak," kata Ferry.

Dibandingkan berbelanja, masyarakat cenderung memilih untuk sekedar hangout di pusat perbelanjaan tempat ritel pengecer besar itu berada.

Sebelumnya, PT Hero Supermarket Tbk memutuskan menutup enam gerai Giant yang ada di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Keenam gerai tersebut berada di Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang Prapatan, Giant Ekspres Pondok timur, Giant Ekstra Wisma Asri, Giant Ekstra Jatimakmur, dan Giat Ekstra Mitra 10 Cibubur.

Tak pelak, akibat dari rencana penutupan tersebut, Giant memberikan diskon besar-besaran antara 5 sampai 50 persen hingga 28 Juli mendatang.

https://properti.kompas.com/read/2019/07/03/183000221/peritel-besar-kalah-saing-dengan-pemain-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke