Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahukah Anda, London Bridge Pernah Dijual ke Amerika?

Merunut sejarahnya, jembatan ini telah berdiri sejak abad pertengahan dan disebut sebagai Old London Bridge.

Hingga pada 1831, jembatan ini dibangun kembali. London Bridge yang baru merupakan rancangan John Rennie dan bertahan hingga tahun 1967.

Namun tahukah Anda, London Bridge pernah dijual?

Pernah Dijual

London Bridge pernah dibeli oleh seorang pengusaha asal Amerika Serikat. Mengutip artikel New York Times edisi 26 Februari 1977, jembatan ini terjual dengan seharga 2,46 juta dollar AS pada 18 April 1968.

Mengutip History, kondisi jembatan yang tenggelam sedalam 2,5 sentimeter per delapan tahun tersebut membuat pengelola kemudian memutuskan untuk merenovasi landmark Kota London ini.

Jembatan tersebut dibeli oleh Robert McCulloch dari Corporation of London. Alih-alih menjaga konstruksi jembatan tetap pada tempatnya, McCulloh memindahkan satu per satu batu yang menjadi bagian dari jembatan ke Amerika.

Dibangun kembali

Di negara ini, McCulloh membangun jembatan baru dari material London Bridge yang telah dibelinya. Material tersebut digunakan untuk merekonstruksi jembatan yang melintasi Sungai Colorado.

Jembatan tersebut kemudian dibongkar, dikemas dalam peti, dan dikirim ke Long Beach, California melalui Terusan Panama.

Dari sini, sekelompok truk mengangkut batu jembatan menuju ke Kota Lake Havasu. Proses pembongkaran, pengerukan, hingga pengiriman setiap batu membutuhkan waktu tiga tahun lamanya.

Para pekerja menambahkan beton bertulang sebelum ditutup dengan batu granit dari London Bridge. London Brige baru di Kota Lake Havasu ini kemudian dibuka pada 1971.

Kini jembatan yang dibangun dari bekas material London Bridge menjadi salah satu atraksi turis terbesar setelah Grand Canyon di Arizona.

https://properti.kompas.com/read/2018/11/05/200000021/tahukah-anda-london-bridge-pernah-dijual-ke-amerika-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke