Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-Siap, Besok Puncak Arus Balik di Tol Cipali

Kompas.com - 27/06/2017, 16:21 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

PALIMANAN, KOMPAS.com – Puncak arus balik di Tol Cikopo-Palimantan (Cipali) diperkirakan terjadi pada H+3 Lebaran atau Rabu (28/6/2017) hingga H+4 Lebaran atau Kamis (29/6/2017).

Direktur Operasional PT Lintas Marga Swadaya (LMS) Rinaldi memprediksi jumlah kendaraan yang melintas di jalur tersebut mencapai puluhan ribu unit per hari.

“Pada puncak arus balik nanti, diperkirakan bakal ada 22.000 kendaraan melintasi tol ini,” kata Rinaldi, saat dihubungi Kompas Properti, Selasa (27/6/2017).

Angka itu lebih tinggi dari puncak arus balik Idul Fitri tahun lalu yang mencapai 17.664 kendaraan pada H+3 dan 17.659 pada H+4.

Adapun untuk mengantisipasi lonjakan arus balik kendaraan, kata Rinaldi, PT LMS selaku operator Tol Cipali telah menerapkan sistem jemput tunai di pintu pembayaran.

Ini artinya petugas loket akan mendatangi kendaraan yang sedang mengantre supaya transaksi pembayaran tol bisa langsung terjadi tanpa harus menunggu ke loket.

Menurut, Rinaldi, cara ini telah dijalankan sejak H-4 Lebaran.

“Sistem tersebut hanya khusus untuk gerbang tol tunai dan diterapkan tergantung situasi di lapangan,” ujar dia.

Untuk mengindari penumpakan kendaraan di gerbang tol, Rinaldi pun mengimbau para pengguna jalan agar melakukan pembayaran non-tunai.

Masyarakat diharapkan pula untuk tidak memaksakan berhenti di rest area yang sudah penuh dan menggunakan tempat istirahat lain.

Terakhir, dia menyarankan pemudik beroda empat untuk mengisi BBM penuh sebelum memasuki Tol Cipali.

Dengan begitu, mereka bisa menghindari mengisi BBM di SPBU sepanjang tol yang biasa penuh saat musim mudik dan balik Lebaran.

Sementara itu, untuk volume kendaraan hari ini yang menuju Jakarta masih sepi. Menurut Rinaldi, hal ini bisa terlihat dari antrean di Gerbong Tol (GT) Palimanan dari pukul 06.00 WIB-14.00 WIB yang hanya berjumlah 1-2 kendaraan.

“Hari ini masih di angka 11.000-an kendaraan yang melintas,” ucapnya.

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com