Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Inilah Kondisi Terkini Tol Darurat Brebes Timur - Pemalang

Kompas.com - 21/06/2017, 22:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum berangkat mudik melalui jalur pantai utara, ada baiknya untuk mengenali dan memahami kondisi jalur tol operasional maupun tol fungsional yang bisa dilewati pada mudik 2017 ini.

Salah satu ruas tol yang kondisinya masih darurat tapi sudah difungsikan pada mudik 2017 kali ini adalah ruas tol Brebes Timur hingga Pemalang di Jawa Tengah.

Walaupun ruas tol fungsional itu sudah bisa dilewati pada mudik kali ini, namun Anda harus ekstra hati-hati dan memahami konsekuensi lewat jalur tol darurat.

Hal yang harus dicermati dan diingat betul oleh pengendara mobil, kecepatan maksimal mobil di jalur tol fungsional adalah 40 kilometer per jam. Banyak tanjakan dan turunan curam yang mengharuskan Anda tak boleh memacu kecepatan kendaraan.

Di kanan kiri jalan juga tak ada pembatas jalan yang memadai sehingga jika tak sigap dengan mudah kendaran bisa tergelincir atau terperosok ke bahu jalan yang hanya berupa tanah urukan.

Di siang hari, jalan dipastikan berdebu. Tempat peristirahatan juga tak memadai, karena itu lengkapi logistik mudik Anda agar tak kehabisan bekal di jalan.

Jika berjalan di malam hari, reflektor "mata kucing" di kanan dan kiri jalan hanya sifatnya temporer untuk memandu jalur.

Permukaan jalan yang terbuat dari lean concrete atau cor beton tipis setebal 10 centimeter itu ternyata tidak rata, banyak permukaan jalan yang bergelombang sehingga pemudik memang wajib berhati-hati.

Agar tak kaget saat melintasi tol fungsional Brebes Timur - Pemalang, simak video penampakan tol terkini ruas Brebes Timur - Pemalang yang dihasilkan oleh Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com. Inilah video episode pertama Merapah Trans-Jawa 2. 

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.

Simak laporan multimedia dan interaktif dari Tim Kompas.com terkait informasi seputar jalur mudik dalam format Visual Interaktif Kompas (VIK) di http://vik.kompas.com/merapah-trans-jawa-2/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com