Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-5 Lebaran, Kondisi Tol Bawen-Salatiga Lancar

Kompas.com - 20/06/2017, 17:53 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kondisi Jalan Tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga erpantau lancar. Tidak ada kepadatan kendaraan berarti, meski musim mudik sudah memasuki H-5 Lebaran.

Menurut salah seorang pemudik, Rendy Wicaksana, kondisi arus lalu lintas terpantau masih lengang. Kendati sudah ada sejumlah pemudik seperti yang berasal dari pelat B, namun belum terlalu banyak.

"Tadi sih kondisi lancar jaya ya, enggak ada hambatan. Enggak ada antrean juga di pintu tol tadi," kata Rendy yang tengah melakukan perjalanan dari Semarang menuju Solo kepada KompasProperti, Selasa (20/6/2017).

ISTIMEWA Kondisi simpang Bawen di Jawa Tengah terpantau lancar, Selasa (20/6/2017).

Kondisi serupa juga didapati Rendy di ruas pertigaan Bawen, baik itu yang mengarah ke Salatiga dan Solo maupun Magelang dan Yogyakarta.

Randy mengatakan, kepadatan justru terjadi di exit toll Tingkir di Salatiga pada Minggu (18/6/2017) kemarin. Hal itu lah yang membuat kondisi gerbang tol (GT) Bawen dalam beberapa hari terakhir cukup lengang.

Kendati relatif sepi, Rendy menambahkan, petugas tetap mengimbau para pemudik untuk berhati-hati dalam memacu laju kendaraan.

"Anjuran maksimal tetap di 80 kilometer/jam ya," ujarnya.

ISTIMEWA Kondisi arus lalu lintas di Simpang Bawen arah Salatiga terpantau lancar, Selasa (20/6/2017).

Untuk diketahui, ruas Bawen-Salatiga merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo yang terdiri atas lima seksi. Seksi 1 sepanjang 10,85 kilometer menghubungkan Semarang-Ungaran.

Seksi 2 sepanjang 11,95 kilometer menghubungkan Ungaran-Bawen. Keduanya telah dioperasionalkan.

Sedangkan, Seksi 3 Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer saat ini sedang difungsikan atau dibuka sementara pada musim mudik Lebaran 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com