Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Mudik, 60.000 Kendaraan Memadati Tol Cipali

Kompas.com - 20/06/2017, 12:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pengelola Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memprediksi puncak mudik di ruas ini akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Saat itu terjadi, tol sepanjang 116,75 kilometer ini akan mengalami lonjakan kendaraan dibanding tahun sebelumnya.

"Jumlahnya bisa meningkat 10 persen dibanding tahun lalu. Diprediksi akan melebihi 60.000 kendaraan di Lebaran ini," ujar Wakil Presiden Direktur Firdaus Azis saat jumpa pers di Jakarta, Senin (20/6/2017).

Untuk mengantisipasi berbagai kejadian buruk saat arus mudik, kata Firdaus, LMS berusaha membantu memberikan pengalaman mudik yang lebih baik bagi pemudik dibanding tahun sebelumnya.

Upaya pertama adalah dengan mengoptimalkan gardu pembayaran. Dalam kondisi normal, LMS mengoperasikan 12 gardu. Namun khusus saat Lebaran, jumlahnya ditingkatkan menjadi 26 gardu.

Selanjutnya, dari segi transaksi LMS juga mendorong pengemudi untuk menggunakan kartu elektronik atau e-toll untuk mempercepat waktu saat di gardu.

"Untuk beri kemudahan, kita beri diskon 10 persen untuk pengguna e-toll yang berlaku tanggal 22-26 Juni dan tanggal 30 Juni-2 Juli," tutur Firdaus.

Tidak hanya diskon bagi pengguna kartu elektronik, LMS juga berupaya memperlancar transaksi bagi kendaraan yang membayar secara tunai.

Dalam hal ini, imbuh Firdaus, kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Cikarang Utama, akan dibebankan pembulatan tarif.

Tujuannya, agar waktu bertransaksi pengemudi di tol tidak lama karena menghitung kembalian.

"Kalau tarif normal dari Rp 111.000 menjadi 110.000," jelas Firdaus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com