Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Jalur Mudik Rawan Kecelakaan di Lhokseumawe

Kompas.com - 02/06/2017, 08:00 WIB

LHOKSEUMAWE, KompasProeprti - Kepolisian Resort Lhokseumawe mengingatkan adanya potensi rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah itu bagi pemudik jelang Lebaran 2017.

Kepala Polisi Resort Polres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman mengungkapkan beberapa lokasi itu antara lain kawasan Panggoi hingga ke Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu.

Lokasi tersebut merupakan Jalur Trans-Sumatera (Jalan Medan-Banda Aceh). Jalur ini ramai dilalui kendaraan berbagai jenis.

Kondisinya mulus dan kurus, sehingga memacu pengemudi menjalankan kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, beberapa kali terjadi kecelakaan tunggal, dan kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan berbeda.

Ia memberikan contoh, satu unit mobil Avanza mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Kamis malam (1/6) sekitar pukul 23.15 WIB, dua penumpangnya terluka dan dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Oleh karena itu, kata Hendri, Polres Lhokseumawe akan terus berupaya mencegah kecelakaan di lokasi-lokasi rawan itu dengan memasang papan himbauan bagi para pengemudi agar lebih berhati-hati.

"Apalagi terhadap pengemudi yang belum mengetahui medan jalan dengan baik sehingga butuh kewaspadaan ekstra agar tidak terjadi kecelakaan," kata Hendri, Jumat (2/6/2017).

Selain itu, Polres Lhokseumawe juga akan menyiagakan petugas di beberapa lokasi atau titik rawan agar dapat membantu para pemudik dalam melanjutkan perjalanannya ke kampung halaman.

Data Polres Lhokseumawe menunjukkan jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah itu pada 2016 trennya meningkat 36,02 persen dibanding 2015 dengan korban meninggal dunia sebanyak 88 orang.

Pada 2016 terdapat 472 kasus, sedangkan tahun sebelumnya hanya 347 kasus.

"Jumlah meninggal pada 2016 ada 88 orang, luka berat tujuh orang, luka ringan 823 orang," kata Hendri usai menggelar Apel Operasi Patuh 2017, Selasa (9/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com