Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjamur, Rumah Murah Dekat Stasiun Citayam

Kompas.com - 07/05/2017, 12:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kota-kota penyangga Jakarta, seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi menjadi alternatif lokasi pembangunan rumah murah.

Dalam sepekan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan dua proyek perumahan murah, di Serpong, Tangerang, dan Cikarang, Bekasi.

Baca: Dalam Sepekan Jokowi Resmikan Dua Perumahan Murah

Pamor rumah murah pun semakin mengemuka. Terlebih masyarakat menyambut antusias dengan harapan dapat memilikinya melalui skema pembiayaan mudah, dan murah.

KompasProperti melakukan survei di kawasan Citayam, Depok, pada Minggu (7/5/2017) dan mendapati banyak perumahan murah, terutama di dekat stasiun.

Meski demikian, kebanyakan rumah-rumah tersebut berbentuk klaster dan tidak semuanya memiliki nama.

1. Cluster Diamond Citayam

Perumahan ini terletak 3,5 kilometer dari Stasiun Citayam. Memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 72 meter persegi, tipe rumah tersebut dibanderol Rp 190 juta.

Di dalamnya sudah termasuk 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Selain itu, tiap unitnya sudah dilengkapi dengan carport.

Adapun cicilannya sebesar Rp 1,1 juta per bulan dengan jangka waktu 15 tahun. Uang mukanya Rp 57 juta atau 30 persen dari harga yang ditentukan.

2. Rumah di dekat Jalan Raya Citayam dan Cipayung

Rumah ini memiliki luas tanah 50 meter persegi dan bangunan 27 meter persegi ini. Dengan luas tersebut, rumah ini dilengkapi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 carport.

Harganya dibanderol Rp 165 juta dengan cicilan Rp 950.000 per bulan dalam 15 tahun. Cicilan ini bisa didapatkan dengan pemberian uang muka sebelumnya sebesar 30 persen, yakni Rp 49,5 juta.

Kompas.com/Laila Rahmawati Jalan depan Stasiun Citayam, Depok

3. Rumah tipe 36/65

Masih di Jalan Raya Citayam, terdapat rumah yang dijual seharga Rp 165 juta. Dengan luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 65 meter persegi, rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Selain itu, rumah ini juga sudah memiliki dapur dan carport untuk 1 mobil. Spesifikasinya antara lain, lantai keramik 40x40 cm, pondasi batu kali, dan rangka baja ringan.

4. Rumah tipe 45/55

Di daerah tersebut ada pula rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi dan tanah 55 meter persegi seharga Rp 175 juta.

Dengan luas tersebut, rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spesifikasinya, pondasi cakar ayam dinding hebel, dan penutup plafon gipsum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com