Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Murah DP 1 Persen Dilengkapi Taman Bermain dan Rumah Ibadah

Kompas.com - 06/05/2017, 19:52 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BEKASI, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan perumahan subsidi Vila Kencana Cikarang, Sukatani, Bekasi, pada Kamis (4/5/2017). 

Perumahan yang dibesut PT Arrayan Bekasi Development (SPS Group) ini menempati lahan seluas 105 hektar.

Baca: Jokowi Resmikan Rumah Murah DP 1 Persen

Hingga kini telah dibangun 4.734 unit. Sejumlah 3.612 di antaranya sudah akad Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi dari PT Bank Tabungan negara (persero) Tbk atau BTN. Sementara 1.200 unit sedang dalam proses KPR.

SPS Group mematok rumah-rumah ini seharga mulai dari Rp 141 juta dengan luas bangunan 25 meter persegi dan lahan 60 meter persegi.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Fasilitas taman bermain anak di Villa Kencana Cikarang
Karena termasuk rumah subsidi, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Baca: Begini Syarat Beli Rumah DP 1 Persen

Fasilitas ini meliputi uang muka atau down payment (DP) 1 persen, bantuan uang muka Rp 4 juta, dan bunga fixed 5 persen dengan tenor 20 tahun.

Meski merupakan perumahan subsidi, pengembang melengkapi Vila Kencana Cikarang dengan berbagai sarana dan prasarana, serta fasilitas penunjang.

Direktur SPS Group Asmat Amin mengatakan, sarana dan prasarana yang sudah terbangun antara lain jaringan air PDAM, dan listrik, serta jalan lingkungan.

Baca: Begini Tampilan Rumah DP 1 Persen, Cicilan Rp 800.00 Per Bulan

Arimbi Ramadhiani/Kompas.com Rumah murah Villa Kencana Cikarang yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (4/5/2017) dilengkapi fasilitas tempat ibadah.
"Sementara fasilitas penunjang adalah lapangan futsal, basket, bulutangkis, bola voli, tempat bermain anak, dan rumah ibadah masjid," tutur Asmat kepada KompasProperti, Sabtu (6/5/2017).

Dia melanjutkan, ke depan SPS Group akan menambah fasilitas baru dengan membangun area komersial, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kesehatan.

Begini tampilan rumah contoh DP 1 Persen:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com