Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies-Sandi Diminta Tunaikan Janji Sediakan Rumah Murah Layak Huni

Kompas.com - 19/04/2017, 18:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pasangan pemenang Pilkada DKI Jakarta versi hitung cepat (quick countAnies Baswedan-Sandiaga Uno harus menepati janji-janjinya selama kampanye.

Dosen Kelompok Keahlian Perumahan Permukiman Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SKPPK) Institut Teknologi Bandung (ITB), Jehansyah Siregar, mengatakan hal itu kepada KompasProperti, Rabu (19/4/2017). 

Baca: Ini Target Anies-Sandi Terkait DP Rumah 0 Persen

Menurut Jehansyah, pasangan ini sejatinya telah memberi harapan bagi masyarakat golongan bawah dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal murah dan layak huni. Oleh karena itu, mereka harus menepati harapan itu.

Baca: Jakarta Mesti Kucurkan Rp 67,6 Triliun untuk DP 0 Persen

"Setidaknya, janji Anies-Sandi untuk tidak melakukan penggusuran dalam menyelesaikan masalah permukiman kumuh di Jakarta, telah membebaskan banyak keluarga yang tinggal di permukiman kumuh dari rasa takut akan penggusuran dengan segala bentuk kekerasan," tutur dia.

Namun demikian, menata tanpa menggusur akan dihadapkan pada tantangan angka ketimpangan kebutuhan dan penyediaan rumah atau housing backlog yang tinggi dan besarnya kebutuhan baru.

KOMPAS.com/DANI J Suasana penggusuran 42 bangunan bekas rumah bordil di Balikpapan.
Bagaimana strategi yang efektif untuk menata masalah perumahan dan permukiman di Jakarta? Terlebih jika dihadapkan pada tantangan penataan bantaran sungai dalam rangka mengatasi banjir ibu kota?

Jehanyah menekankan, solusi uang muka atau down payment (DP) 0 persen tidak bisa dijadikan program untuk menyelesaikan semua masalah itu.

Baca: Pengamat Menilai DP 0 Persen Bisa Bangkrutkan Jakarta

Pasalnya, DP 0 persen adalah untuk rumah komersial dengan skema rumah milik. Sementara, yang perlu dikembangkan adalah ragam pilihan hunian, baik rumah umum dan rumah swadaya dengan skema rumah sewa maupun hak pakai jangka panjang.

Selain itu, perlu konsep penataan bantaran sungai Jakarta secara komprehensif. Bagaimana menata kampung kumuh, bagaimana memukimkan kembali, serta penyediaan kawasan baru dan rumah susun sewa (rusunawa) baru.

Untuk itu, kata Jehansyah, Anies-Sandi perlu segera menyiapkan program-program perumahan dan permukiman yang komprehensif dan terpadu. Tidak sekadar melihat masalah ini dengan solusi pembiayaan DP 0 persen.

Jadi, DP 0 persen seharusnya tidak dijadikan sebagai program utama, melainkan digunakan jika diperlukan saja. 

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Warga berjalan menembus banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Senin (20/2/2017). Banjir kerap terjadi menyusul meluapnya Kali Sunter yang melintasi Cipinang Melayu, ditambah, curah hujan yang tinggi sepanjang hari kemarin.
"Mereka harus bisa menghadirkan keterpaduan antar-sektor seperti permukiman, pertanahan dan pengairan, maupun keterpaduan antar-tingkatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan pemerintah pusat," ujar Jehansyah.

Selain itu Anies-Sandi perlu segera menyiapkan kapasitas organ-organ Pemprov DKI untuk menyelenggarakan program yang komprehensif dan terpadu secara profesional.

Baca: Anies Sandi Beda Pendapat Soal DP 0 Rupiah

Jakarta perlu memiliki lembaga seperti Housing and Development Board (HDB), dan Urban Redevelopment Authority (URA) yang berjalan di Singapura.

"Kedua lembaga pemerintah ini dikenal sangat profesional dan bekerja dengan dedikasi yang tinggi untuk kota-kota yang berkelanjutan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com