Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Oasis Cikarang Bersiap Bangun "Tower" Kedua

Kompas.com - 10/10/2016, 14:41 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini PT Nusantara Prospekindo Sukses telah membangun Mahogany Tower, yaitu tower pertama dari apartemen The Oasis Cikarang, dengan jumlah total 624 unit. Sesuai data penjualan, Mahogany telah habis terjual dan serah terima unitnya juga dilakukan tahun lalu.

"Sudah siap dihuni dan kawasan hijau ini mulai hidup. Ini komitmen kami untuk on time sampai tahap serah terima," ujar Supriantoro, Direktur Sales & Marketing PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS), di sela-sela acara pameran Real Estate Indonesia Expo 2016 di Jakarta Convention Center (9/10/2016) kemarin.

Selain siapnya Mahogany dihuni, lanjut Supriantoro, OMNI Hospital Cikarang juga akan bersiap beroperasi di The Oasis Cikarang. Selanjutnya, NPS tengah menyiapkan Acacia, tower kedua dari tujuh tower apartemen yang sedianya berdiri di kawasan tersebut.

"Selain hunian vertikal, kami juga mengembangkan hunian horizontal, yakni klaster klaster Pinewood. Dari 81 unit yang ada, saat ini sudah terbangun 32 unit. Ada 25 unit yang sedang dikerjakan, sedangkan 24 unit sisanya sedang dalam tahap mini pile," kata Supriantoro.

Supriantoro mengatakan, meskipun saat ini pemerintah mencanangkan program Sejuta Rumah dan menargetkan turunnya angka backlog, namun arus urbanisasi dan migrasi setiap tahunnya selalu meningkat. Pada empat dekade terakhir, yakni antara 1970 sampai 2010, jumlah penduduk perkotaan di Indonesia meningkat dari 17 persen dari jumlah penduduk atau 20 juta jiwa, menjadi 50 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 120 juta jiwa.

"Jumlah itu diperkirakan terus meningkat dan tantangannya bagi perkotaan adalah kebutuhan perumahan yang akan terus muncul. Bahkan, perkiraan secara global akan dibutuhkan sekitar satu miliar rumah baru pada 2025 nanti," ujarnya.

Tak salah lagi, lanjut dia, tingginya kebutuhan akan tempat tinggal juga terjadi di daerah penyangga Jakarta, seperti Bekasi. Terlebih, Kota dan Kabupaten Bekasi terungkap memiliki data orang asing terbanyak setelah Bandung, yakni berjumlah 7.268 orang. Para ekspatriat tersebut banyak berasal dari Jepang, Korea, dan China.

"Mereka umumnya tenaga kerja yang bekerja di kawasan-kawasan industri yang ada di Bekasi," ujar Supriantoro.

Sementara itu, Firdaus Fahmi, Marketing Director PT Cowell Development Tbk yang menjadi induk usaha NPS mengatakan bahwa pada hari pertama perhelatan REI Expo 2016 yang berlangsung 8-16 Oktober 2016, The Oasis Cikarang telah menjual 32 unit apartemen untuk tower Acacia. Sampai saat ini, tower Acacia sudah 70 persen sold out, sedangkan untuk cluster Pinewood sudah terjual 80 persen.

"Kami sangat optimistis bisa mengejar target penjualan sampai akhir 2016," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com