Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diminta Investor, Ciputra Lebur Tiga Entitas Usaha

Kompas.com - 15/06/2016, 21:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ciputra Group akan menggabungkan tiga anak usahanya PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Ciputra Property Tbk (CTRP), dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) ke dalam satu entitas CTRA.

CEO Ciputra Group Candra Ciputra memastikan hal tersebut kepada Kompas.com, usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Rabu (15/6/2016). 

Menurut Candra, keputusan itu didasarkan pada permintaan investor yang mendesak peleburan atau merger tiga anak usaha tersebut.

"Banyak yang mendesak kami, karena orang bingung mau (pilih) investasi di mana. Mereka bingung. Karena itu kami putuskan untuk merger," ujar Candra.

Candra mengungkapkan, keputusan untuk merger dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, karena perhitungan pajak masih belum final, sempat tertunda. 

Proses penggabungan tiga entitas ke dalam CTRA sendiri masih belum dimulai prosesnya. Pasalnya, kata Candra, masih banyak yang harus diselesaikan.

"Perpajakan atas transaksi pengalihan harta belum beres," imbuh Candra.

Sementara itu, kinerja CTRA selama lima bulan pertama tahun ini mencatat marketing sales senilai Rp 2,6 triliun atau 28,5 persen dari target tahunan sebesar Rp 9,3 triliun.

"CTRA optimistis dapat mencapai target tahunan seiring makin positifnya indikator makro ekonomi Indonesia yang ditunjukkan penurunan tingkat suku bunga pinjaman," papar Candra.

Adapun kedua anak usaha CTRS dan CTRP masing-masing membukukan marketing sales sebesar Rp 1,3 triliun dan Rp 313 miliar.

CTRA akan melansir 6 proyek residensial baru. Lima proyek baru di antaranya berada di bawah CTRA, sedangkan satu proyek di bawah CTRS.

Kelima proyek tersebut terdiri dari CutraGarden Hills seluas 54 hektar dan CitraGarden Angsana 20 hketar di Samarinda, Kalimantan Timur. 

Kemudian Citra AeroLink yang merupakan proyek pergudangan seluas 21 hektar di Batam, CitraLand Cileungsi seluas 86 hektar dan Grand Cipete yang merupakan apartemen dengan lahan berdimensi 4,8 hektar di Jakarta Selatan.

Sedangkan satu proyek di bawh CTRS adalah Babarsari Junction yang merupakan area komersial seluas 2 hektar di Yogyakarta.

"Target marketing sales untuk keenam proyek itu senilai Rp 1 triliun," sebut Direktur Keuangan yang juga Sekretaris Perusahaan CTRA Tulus Santoso. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com