Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Bisnis Properti Lesu, Proyek Ciputra di Makassar Tetap Melaju

Kompas.com - 21/05/2016, 08:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Bisnis properti secara umum boleh saja lesu, namun di Makassar, Sulawesi Selatan, aktivitas penjualan rumah, dan apartemen, terutama di segmen menengah ke bawah masih tetap berjalan.

CitraGrand Galesong City, CitraGarden Mangarupi, dan Vida View Apartment, contohnya. Tiga properti yang dikembangkan Ciputra Group ini masih diminati pasar.

Deputy General Manager Region III Ciputra Group Barawidjaja mengungkapkan, ketiga proyek tersebut bahkan memberikan kontribusi lebih dari 50 persen terhadap penjualan di seluruh Sub Holding III Ciputra Group.

"Kami melakukan studi, bahwa peluang untuk segmen pasar yang lebih gemuk atau menengah ke bawah di Makassar, masih sangat besar. Karena itu strategi kami saat ini adalah mengembangkan properti, terutama rumah dan apartemen dengan harga di bawah Rp 1 miliar," jelas Barawidjaja kepada Kompas.com, Jumat (20/5/2016).

Kendati memang tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya saat properti mengalami masa booming, setidaknya penjualan ratusan unit rumah dalam waktu sehari merupakan prestasi yang perlu digarisbawahi.

Sebagaimana dikatakan Project Manager CitraGrand Galesong City Ary Agus Setiawan. Sejumlah 400 unit rumah Cluster Verdhana yang ditawarkan di Distrik Lavanya terjual habis. Bahkan, 200 unit di antaranya laku keras dalam waktu satu hari.

"Animo masyarakat di segmen gemuk ini tetap tinggi. Para pembeli rumah di CitraGrand Galesong City ini sebagian besar bermotif investasi," ujar Ary.

Pasar antusias menyambut rumah murah yang dibanderol Rp 200 jutaan tersebut karena dikembangkan di dalam kawasan perumahan skala kota atau kota mandiri.

Hamzah Alex Saifullah Deputy General Manager Region III Ciputra Group Barawidjaja
Menurut Ary, pembangunan kota mandiri ini menjadi stimulan perkembangan dan pertumbuhan di sekitarnya. Sepanjang jalan menuju CitraGrand Galesong City telah berdiri perumahan-perumahan baru dengan ukuran lebih kecil.

"Demikian pula halnya dengan properti komersial berupa kios dan ruko sebagai sarana bisnis dan perdagangan, juga ikut tumbuh," tutur Ary.

Citragrand Galesong City yang berada di Kabupaten Gowa, merupakan hasil kerjasama Ciputra Group dan Galesong Group. Luasan lahannya 500 hektar.

Selain perumahan, properti yang akan dikembangkan di sini adalah rumah sakit, pusat belanja, sekolah, perkantoran, hotel, dan apartemen. Adapun properti eksisting yang telah dibangun adalah lapangan golf Paddy Valley.

Sementara itu, untuk CitraGarden Mangarupi terus mencetak transaksi penjualan. Terakhir pada April lalu, penjualan terbukukan bisa menapai 10 unit.

Menurut Project Manager CitraGarden Manggarupi Engeline Suyanto, saat ini yang tengah dipasarkan dan dikembangkan adalah Tipe Sakura di Cluster Golden Tulip.

"Untuk tahap pertama Tipe Sakura kami pasarkan secara terbatas, hanya 22 unit dengan harga perdana mulai dari Rp 499 juta. Sakura ditawarkan dalam 2 sub tipe, yaitu 42/72 dan 47/72," jelas Enggeline.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com