Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"KoziPoint", Jurus Baru Ciputra di Banjarmasin

Kompas.com - 06/06/2016, 17:23 WIB
M Latief

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - KoziPoint terinspirasi dari Ikebukuro, sebuah business district di Tokyo, Jepang, yang sibuk. Padat dengan aktivitas bisnis dan hiburan, namun tetap nyaman untuk dijadikan tempat tinggal, pelajar, pekerja dan keluarga tinggal di flat-flat yang disewakan di atas bangunan toko. Inilah konsep properti komersial yang diadopsi oleh Ciputra di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

"Ini tempat usaha yang juga dapat disewakan kepada karyawan atau kaum profesional. Lantai satunya bisa dijadikan tempat usaha, apakah itu toko atau kantor, sedangkan lantai dua dan tiga didesain sebagai tempat kos-kosan," jelas Hendry kepada Kompas.com, Hendry Nurhalim Direktur Ciputra Group, Senin (6/6/2016).

Hendry mengakui, dalam kondisi pasar properti yang belum pulih 100 persen ini produsen properti dituntut lebih kreatif dan inovatif untuk menguatkan alasan konsumen, terutama investor agar tertarik membeli sebuah produk properti. Mereka harus bisa meyakinkan, bahwa produk yang ditawarkan itu benar-benar menguntungkan.

"Baik konsumen maupun investor sangat selektif membelanjakan uangnya, kalau tidak benar-benar yakin, jangan harap mereka mau beli," kata Hendry.

KoziPoint berada di area Capital Square, kawasan central business district (CBD) CitraLand Banjarmasin, seluas 5 hektare. Di sekitar area tersebut terdapat Sekolah Mitra Kasih, Ciputra Mitra Hospital yang sebentar lagi beroperasi, dan mal yang sedang dalam perencanaan untuk dibangun.

Konsep seperti ini, lanjut Hendry, terbukti sukses di CitraLand Surabaya. Tak lain, karena kawasan itu terdapat universitas, sekolah, rumah sakit, dan perkantoran.

"Di situlah pasarnya. Mahasiswa dan karyawan kerap mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantornya. Ini kami jadikan konsep properti komersial pertama di Banjarmasin," kata Hendry.

General Manager Ciputra Group wilayah Kalimantan, Piter Simpony, menjelaskan bahwa KoziPoint tahap pertama ini ditawarkan hanya 10 unit. Pihaknya optimistis potensi pembelinya masih sangat tinggi, terutama dari pengusaha lokal.

"Karena KoziPoint ini diciptakan dengan konsep yang memadukan unit komersial dengan unit sewa sehingga dapat memberikan keuntungan investasi maksimal sekaligus passive income kepada pemiliknya," kata Piter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com