Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Lampu China Bidik Penjualan 5 Juta Dollar AS di Indonesia

Kompas.com - 03/06/2016, 12:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - NVC Lighting Technology Corporation mungkin masih asing bagi telinga masyarakat Indonesia, kalah beken dibanding Philips Lighting, ataupun Osram Lighting.

Namun, jika disodorkan nama-nama top macam Goldman Sach, Schneider, dan Soft Bank, sebagian dari kita mungkin mengakrabinya. 

Setidaknya ketiga nama tersebut di atas dikenal sebagai perusahaan multinasional dengan rekam jejak panjang.

Nah, ketiga raksasa tersebut tercatat sebagai pemegang saham NVC Lighting yang berbasis di China. 

Untuk lebih menyosialisasikan imej dari perusahaan dan merek NVC Lighting, mereka secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia melalui acara customer gathering pada Selasa (31/5/2016) lalu.

Kendati kerap disangsikan pasar karena stigma produk asal China yang berkualitas rendah, namun NVC Lighting percaya diri mampu bersaing dengan merek-merek asal Belanda, dan Jerman.

General Manager International Division NVC Lighting Edmund Xu mengatakan, sebetulnya pasar Indonesia tak perlu khawatir dengan produk lampu dan sistem pencahayaan asal China ini.

"Tak perlu khawatir, kami bersaing dalam hal kualitas, teknologi, dan layanan purna jual. Yang kami tawarkan bukan sekadar produk, melainkan sistem pencahayaan," ujar Edmund dalam perbincangan eksklusif dengan Kompas.com.

Dia melanjutkan, NVC Lighting bukanlah perusahaan abal-abal, melainkan merupakan perusahaan publik yang terdaftar di bursa efek Hongkong. 

Selain itu, kata Edmund, NVC Lighting punya divisi riset dan pengembangan teknologi yang menjamin semua produknya telah melalui rangkaian uji coba dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Tahun lalu kami mampu mencetak penjualan 600 juta dollar AS dari pabrik kami di China dan Inggris untuk segmen ritel dan corporate," ungkap Edmund.

Di Indonesia, target NVC Lighting tak muluk-muluk. Setahun pertama ini membidik penjualan senilai 5 juta dollar AS dari peredaran di lima kota yakni Jakarta, Yogyakarta, Solo, Tanjung Pinang, dan Batam.

Ke depan, mereka akan melakukan ekspansi ke Medan, Surabaya, dan kota-kota di Kalimantan. 

Edmund optimistis target tersebut dapat tercapai, mengingat harga produk-produk NVC Lighting baik untuk rumah tangga maupun proyek sekitar 20 persen hingga 30 persen lebih murah dibanding produk dari perusahaan lain. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com