Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tinjau Tol Cisumdawu

Kompas.com - 17/03/2016, 18:22 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com - Setelah mengunjungi Waduk Jatigede, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi proyek infrastruktur lainnya.

Kali ini, Jokowi bersama rombongan menyambangi proyek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61,175 kilometer.

Jokowi secara khusus ingin mengetahui progres salah satu tol yang tersambung dengan Jalan Tol Trans Jawa dan menjadi penunjang Bandara Kertajati.

"Panjangnya berapa? Sudah terbangun berapa?" tanya Jokowi begitu tiba di lokasi pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (17/3/2016).

Pertanyaan itu dijawab oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Husaini yang turut mendampingi Jokowi memantau pembangunan tol.

"Sudah terbangun 7 kilometer, Pak. Itu letaknya di Seksi II yang tempat kita berada sekarang," sebutnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pembangunan seksi II dari total 6 seksi yang ada, terlihat kemajuannya. Pembetonan dilakukan pada seksi sepanjang 17,05 kilometer penghubung Rancakalong-Sumedang.

Adapun pembangunan seksi II ini akan dibagi dalan dua fase. Fase satu sepanjang 6,3 kilometer sampai Maret 2016 ini telah mencapai progres fisik 82,01 persen dan progres lahannya sudah 93,31 persen.

Sementara untuk fase 2 sepanjang 10,7 kilometer sampai dengan Maret 2016 baru dalam tahap persiapan pembangunan dengan progres pembebasan lahan mencapai 80,12 persen.

Turut hadir mendampingi Jokowi adalah ibu negara, Iriana Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Anggota Komisi V DPR RI Nusyrwan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com