Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketinggian Air 243 Meter, Jokowi Kunjungi Waduk Jatigede

Kompas.com - 17/03/2016, 10:49 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Kamis (17/3/2016).

Dari pantauan Kompas.com, elevasi atau ketinggian air di Waduk Jatigede saat ini sejak impoundingpertama pada 31 Agustus 2015 adalah sekitar 243 meter di atas permukaan laut.

Jika terisi penuh, Waduk Jatigede akan memiliki elevasi 260 meter di atas permukaan laut. Sementara, ketinggian maksimum ditargetkan dapat dicapai pada Maret 2017.

Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur. Lokasinya tepat berada di Desa Cijeunjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Waduk ini memiliki kapasitas hingga 980 juta meter kubik. Adapun manfaat Waduk Jatigede adalah untuk pengairan sawah seluas 90.000 hektar, dan menyediakan air baku 3.500 liter per detik dengan target layanan Kabupaten Cirebon dan Indramayu.

Selain itu juga sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 110 megawatt, dan pengendalian banjir wilayah Kabupaten Cirebon dan Indramayu seluas 14.000 hektar.

Jokowi hadir ditemani oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, dan Direktur Utama PT Waskita Karya (persero) Tbk, M Chalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com