Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Purwakarta Bakal Terkoneksi 2.000 Wi-Fi

Kompas.com - 28/01/2016, 23:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menargetkan semua wilayah Kabupaten Purwakarta akan terkoneksi 2.000 jaringan internet nirkabel atau wireless fidelity (WiFi) pada pertengahan tahun ini.

Menurut Dedi, konektivitas penting untuk menciptakan kota cerdas atau smart city. Pasalnya, teknologi internet punya banyak manfaat jika digunakan untuk mobilisasi produktivitas. 

"Kami akan mengubah perilaku konsumtif masyarakat menjadi produktif," ujar Dedi kepada Kompas.com seusai diskusi bertajuk "Sustainable Infrastructure: Financing Smart City Development" di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Dedi melanjutkan, Purwakarta harus membangun spirit melek teknologi. Selama ini, teknologi hanya jadi sarana gaya hidup konsumtif. Mulai sekarang, hal itu akan diubah jadi gaya hidup produktif.

Saat ini, kata Dedi, di Purwakarta sedang dibangun sistem konektivitas terintegrasi. Enam bulan lalu, jalan sepanjang 57 kilometer yang menghubungkan pusat kota dan desa-desa baru saja dioperasikan.

Selain itu, kabupaten dengan 17 kecamatan dan 192 desa ini juga tengah meningkatkan kualitas dan kuantitas teknologi komunikasi, pelayanan kesehatan, pusat pendidikan SD dan SMP, rumah sakit keliling, serta pelayanan KTP dalam jaringan (daring) atau online.

"Semua terkoneksi dan terintegrasi pada Juni-Juli 2016 nanti. Untuk mewujudkannya, kami mengalokasikan dana sekitar Rp 100 miliar," tuntas Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com