Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Industri Bakal Marak di Sekitar Tol Cipali

Kompas.com - 09/07/2015, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan kawasan industri bakal marak terjadi di sekitar Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 kilometer yang melintasi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Cirebon.

"Saat ini sudah ada beberapa pengembang kawasan industri yang tertarik dan melakukan kajian studi kelayakan dengan kami untuk membangun di sekitar ruas Tol Cipali," ujar Senior Associate Director and Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo, kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Tanpa bersedia menyebut nama, menurut Arief pengembang-pengembang kawasan industri tersebut sebelumnya sudah memiliki portofolio serupa di kawasan Bekasi, Cikarang, dan Karawang. Mereka tertarik melakukan ekspansi ke kawasan di sekitar Tol Cipali.

"Tak hanya pengembang khusus kawasan industri, pengembang yang selama ini fokus kepada bisnis properti juga tertarik untuk diversifikasi membangun kawasan industri di sekitar tol baru tersebut," buka Arief.

Dia menambahkan, Kabupaten Subang merupakan lokasi yang paling diincar karena lebih dekat dengan pengembangan kawasan industri sebelumnya yakni Kabupaten Karawang. Jadi, pertumbuhan yang akan berjalan nanti bersifat organik. Terus meluas dari kawasan sebelumnya.

Selain beroperasinya Tol Cipali, faktor lain yang mendorong pengembang mengincar ekspansi kawasan industri adalah harga lahan yang semakin selangit. Saat ini, dalam catatan Cushman & Wakefield Indonesia per kuartal dua 2015, harga lahan kawasan industri di jalur utama Bekasi, Cikarang, dan Karawang sudah menembus harga rerata Rp 2,34 juta per meter persegi atau melonjak 21,9 persen dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu.

Permintaan lahan kawasan industri seluas 143,7 hektar kuartal dua tahun ini merupakan terbesar sejak kuartal keempat 2014 yang hanya seluas 108,5 hektar. Permintaan didominasi oleh perusahaan-perusahaan asal Asia seprti Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Tiongkok.

"Jadi dalam jangka menengah, pasokan baru signifikan yang akan masuk pasar bakal berasal dari kawasan idnustri di sepanjang Tol Cipali," tutup Arief.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com