Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Kemacetan, Jasa Marga Usulkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2

Kompas.com - 07/01/2016, 14:38 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan pelayanan serta kelancaran distribusi barang dan jasa, PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan meningkatkan kapasitas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Rencana ini didorong volume lalu lintas Jakarta-Cikampek yang sudah melebihi kapasitas yang tersedia. Rencananya, Jasa Marga akan membangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II.

Peningkatan kapasitas jalan telah dilakukan beberapa tahun ke belakang dan secara bertahap.

"Saat ini, pada ruas Cawang sampai dengan Cikarang Timur sudah dua kali empat lajur, sementara ruas Cikarang Timur-Cikampek, sudah dua kali tiga lajur," ujar Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Mohammad Sofyan kepada Kompas.com, di Jakarta, (7/1/2016).

Alasan Jasa Marga membangun Tol Jakarta-Cikampek II untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Jasa Marga mengusulkan kepada Badan Pengusaha Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Jakarta-Cikampek Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

"Kami telah mengusulkan kepada pemerintah dan sedang dalam tahapan evaluasi oleh BPJT," sebut Sofyan.

Di sisi lain, Jasa Marga telah disetujui sebagai pemrakarsa dalam Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (selatan) oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Untuk selanjutnya, Jasa Marga akan melengkapi dokumen-dokumen antara lain desain awal, dan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

Dokumen ini akan disampaikan kepada Kementerian PUPR untuk ditindaklanjuti penetapan lokasinya oleh Gubernur Jawa Barat.

"Sebagai pemrakarsa, Jasa Marga mempunyai hak untuk menyamakan penawaran (right to match)," tutur Sofyan.

Adapun untuk proyek Jakarta-Cikampek Elevated, kata dia, saat ini juga masih dalam evaluasi BPJT Kementerian PUPR.

Terkait investasi pembangunan, kebutuhannya untuk jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang diusulkan berkisar Rp 10 triliun hingga Rp 13 triliun. Sedangkan untuk proyek Jakarta-Cikampek II bisa mencapai puluhan triliun rupiah.

Proyek Jakarta-Cikampek Elevated sendiri diusulkan sepanjang 40 kilometer, dari Sadang hingga tersambung ke Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) di Cikunir.

Sementara Tol Jakarta-Cikampek II akan membentang di samping Tol Jakarta-Cikampek yang sudah ada sepanjang 60 kilometer hingga 80 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com