Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Proporsional, Rumah Ini Tetap Nyaman Ditempati

Kompas.com - 23/10/2015, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Jika rumah pada umumnya terlihat jelas bangunannya dan berbentuk proporsional, lain halnya dengan rumah di perfektur Hyogo, Jepang. Rumah karya Alphaville itu berbentuk kurang proporsional dengan visualisasi dua bentuk kubus tidak sama besar.

Terletak di kota Nishimoya yang berada di antara Osaka dan Kobe, rumah ini dikelilingi lingkungan dengan tata letak blok khas. Menurut kebijakan daerah setempat, dalam setiap pembangunan perlu ada jarak 50 cm dari batas lokasi, sehingga akan ada celah sempit selebar satu meter di antara rumah-rumah.

Biasanya, setiap rumah memiliki jendela menghadap ke jalan dengan gorden sebagai penutup untuk menjaga privasi. Oleh karena itu, bukaan dalam rumah pada umumnya seperti tidak menyediakan penghuninya banyak cahaya, ventilasi, atau pemandangan.

Oleh karena itu, Alphaville selaku studio arsitektur rumah ini mencoba mencari cara memasukkan cahaya yang cukup ke dalam rumah tanpa harus memengaruhi privasi. Caranya adalah membuat sebuah jalan sempit dan lurus ke dalam bagian kosong sehingga membagi rumah menjadi dua bagian.

Ruang kosong di arah barat dan timur rumah tidak hanya membawa seberkas cahaya alami tetapi juga memastikan ventilasi internal dengan menghubungkan kamar dengan ruang terbuka.

Kamar-kamar dalam rumah dihubungkan dengan tangga yang juga menjadi jembatan antara dua sisi rumah dan juga berguna mengisi kekosongan secara vertikal. Untuk membuatnya lebih dinamis, Alphaville membuat tangga miring dan disesuaikan ke arah jendela. Jadi, penghuni bisa menikmati variasi pemandangan dari berbagai sudut.

Cahaya alami, angin, dan suasana hijau sengaja dimasukkan dalam rumah seluas 50,46 meter persegi itu untuk mengisi celah yang ada di bagian rumah satu dan dua. Hal itu membuat rumah ini terlihat khas di lingkungan sekitarnya.

Pembuatan celah kosong antar-rumah juga diharapkan mampu membuat penghuni memiliki kedekatan dengan alam. Selain itu, celah tersebut juga bisa membawa keseimbangan antara kebebasan dan privasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com