Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Desain Rumah Masa Depan di Mars

Kompas.com - 30/09/2015, 09:46 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Space Exploration Architecture (SEArch) dan Clouds Architecture Office (CAO) adalah sebuah konsorsium arsitektur dan penelitian ruang angkasa yang merancang Ice House. Kelompok ini diganjar 25.000 dollar AS (Rp 367 juta) sebagai hadiah utama dari NASA dan America Makes yang mensponsori kompetisi 3D Printed Habitat Challenge for Mars.

Kompetisi ini mensyaratkan peserta untuk merancang habitat bagi empat anggota awak sambil menyoroti teknik cetak tiga dimensi (3D) dan menggunakan bahan asli di Mars. Menyadari bahwa air adalah bagian kehidupan, tim menggunakan pendekatan 'follow water' atau 'mengikuti air' untuk konsep, situs dan membangun desain mereka.

Ice House lahir dari keharusan untuk membawa cahaya dan koneksi ke dalam arsitektur Mars. Proposal yang menang ini merupakan salah satu dari beberapa proposal yang tidak mengubur penghuni ke bawah permukaan es. Ice House justru memanfaatkan permukaan es di wilayah utara Mars untuk membuat kerangka hunian vertikal tipis. Kerangka ini diharapkan mampu melindungi penghuni di dalam interior dari radiasi.

Melalui es tipis dan jendela Efte, penghuni berkesempatan untuk melihat ke luar dan memandangi alam sekitar.

Ice House juga tembus pandang dari sinar matahari, sehingga menghubungkan penghuni dengan siklus harian alami. Melalui es tipis dan jendela Efte, penghuni berkesempatan untuk melihat ke luar dan memandangi alam sekitar.

Selain itu, rumah hijau hidroponik yang dibangun secara vertikal akan mengelilingi penghuni. Tujuannya untuk memproduksi lebih banyak oksigen ke "halaman depan", atau zona interesterial di antara kerangka es.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com