Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulkas Jadi Produk Unggulan Aqua di Indonesia

Kompas.com - 22/09/2015, 21:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Haier Group melalui PT Haier Sales Indonesia, telah memasarkan produk peralatan rumah tangga elektronik antara lain lemari es, mesin cuci, pendingin ruangan, dan televisi di Indonesia sejak 1970.

Menurut Executive General Manager Fajar Surya, dengan merek baru Aqua, produk yang diandalkan adalah lemari es dan mesin cuci. "Komposisi penjualan 45-50 persen untuk lemari es, 30 persen mesin cuci, sisanya televisi dan AC (pendingin ruangan)," ujar Fajar di Jakarta, Selasa (22/9/3015).

Dari penjualan tersebut, kulkas satu pintu tipe 187 paling diminati pasar Indonesia. Selanjutnya, diikuti mesin cuci dua tabung. Produksi kulkas dilakukan di pabrik Aqua Cikarang yang memiliki kapasitas 850 ribu unit. Hampir seluruh produk yang laku di pasaran ini merupakan produk untuk level menengah ke bawah.

Untuk memperluas pangsa pasar, Direktur PT Haier Asia Company Ltd. Indonesia Shinichi Nakase mengatakan, perusahaan akan memproduksi barang-barang elektronik untuk kelas menengah dan menengah ke atas. Ia berharap, produk-produk Aqua yang nanti akan diluncurkan pada November 2015, bisa diterima masyarakat.

Tipe lemari es Aqua bervariasi mulai dari kapasitas 50 liter sampai 220 liter. Untuk tipe mesin cuci, terdapat tipe satu tabung dan dua tabung. Harganya berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 4,5 juta per unit untuk lemari es, Rp 2 juta-Rp 3 juta per unit untuk mesin cuci, Rp 3,5 juta sampai Rp 6 juta per unit untuk pendingin ruangan, dan Rp 3,5 juta-Rp 6 juta per unit untuk televisi.

Aqua diluncurkan di Jepang sejak 2012. Merek ini menjadi yang terbaik dalam standar negara Sakura tersebut dengan dua lokasi pengembangan. Pengembangan lemari es dilakukan di Kumagaya, sementara mesin cuci di Kyoto.

Nakase menambahkan, Haier memproduksi barang elektronik rumah tangga sejak awal. Haier selalu menggunakan kualitas dan teknologi Jepang yang mutakhir.

"Kami sangat bangga menyaksikan merek kami dari Jepang yaitu Aqua diluncurkan di Indonesia. Kami membawa standar Jepang yang sama pada merek ini dan diproduksi di Indonesia," jelas Nakase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com