Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunggu Tagihan Listrik Membengkak!

Kompas.com - 18/11/2012, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Mengubah gaya hidup berpengaruh besar pada penghematan listrik. Tak hanya itu, Anda pun butuh mengganti beberapa komponen dan peralatan agar hemat listrik bukan lagi wacana.

Membahas tentang tips menghemat listrik memang tidak ada habisnya. Tingginya penggunaan barang elektronik berimbas pada pengeluaran listrik yang tidak sedikit pula. Berikut tips bagi Anda yang ingin mencegah tagihan listrik membengkak:

Jumlah lampu

Perhitungkan jumlah lampu yang direncanakan dan daya yang ada. Sebisa mungkin, perbanyak bukaan pada rumah, sehingga penggunaan lampu pada siang hari dapat diminimalkan.

Matikan

Cabut stopkontak dari peralatan listrik seperti televisi atau radio saat tidak digunakan. Pada saat stand by, alat elektronik tetap menyedot listrik hingga 5 watt.

Kabel

Gabungkan kabel komputer dan komponen pendukungnya, seperti printer atau scanner menjadi satu steker. Jadi, saat akan mematikan komputer, Anda tinggal memencet satu tombol saja. Ganti monitor komputer di rumah dengan jenis LCD. Monitor ini memerlukan listrik 40watt, sementara jenis CRT 120watt.

Kebersihan

Bersihkan saringan debu dalam vacuum cleaner secara berkala. Saringan yang tersumbat akan membuat motor bekerja lebih berat, jadi lebih boros listrik.

AC

Atur suhu AC sesuai kebutuhan. Sebaiknya perbedaan suhu ruang dengan suhu di luar tidak terlalu jauh, karena semakin dingin suhu, semakin besar energi listrik yang digunakan. (Febrina Syaifullana)

Baca juga:

Awas... "Energi Vampir" Menghantui Rumah Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com