Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Akses Perbatasan Indonesia-Malaysia Dilanjutkan

Kompas.com - 04/08/2015, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berencana membangun jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulau Kalimantan, dan Pulau Laut di Kabupaten Kota Baru sepanjang 5.880 meter, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan meneruskan pembangunan akses jalan paralel perbatasan Indonesia-Malaysia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan hal tersebut saat menerima kunjungan kerja ubernur Kalimantan Selatan Rudi Arifin yang didampingi Ketua DPRD Kalimantan Selatan Noormiliyani, dan Ketua Bappeda Kabupaten Kota Baru Anshar Nur, dan Ketua Bappeda Tanah Bumbu Mahyuni, di Jakarta, Senin (3/8/2015).

"Akses jalan parelel ini penting untuk mendorong percepatan pembangunan," tutur Basuki.

Akses jalan paralel perbatasan Indonesia-Malaysia sepanjang 2.101 kilometer, yang saat ini telah tersambung baru mencapai 1.398 kilometer. Sedangkan yang belum tersambung sepanjang 703 kilometer. 

Akses jalan paralel perbatasan yang belum tersambung tersebut akan dikerjakan tahun ini dengan alokasi anggaran senilai Rp 795 miliar. Dana sebesar itu digunakan untuk membangun jalan dengan panjang 333 kilometer.

"Sisanya akan dibangun tahun 2016 hingga 2018," imbuh Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com