Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Sewa Kios di "Rest Area" Tol Cipali Rp 2,250 Juta Per Bulan

Kompas.com - 12/07/2015, 18:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Biaya sewa satu kios ritel di rest area atau Tempat Istirahat (TI) Km 166 Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sebesar Rp 2,250 juta per bulan. Harga sewa ini belum termasuk biaya keamanan per bulan sebesar Rp 50.000.

Jack Zakaria, mantan anggota DPRD Kabupaten Majalengka yang juga pengusaha konstruksi  menuturkan tarif sewa kios ritel di Km 166 kepada Kompas.com, Ahad (12/7/2015).

"Saya ambil dua kios dan bayar sewa ke PT Wiranti sebagai pengelola TI sebesar Rp 5,100 juta per bulan. Satu untuk berjualan oleh-oleh khas Majalengka 'Ibu Popo', satu lagi kios bakso," ujar Jack.

Jack menuturkan, sudah empat hari membuka kios dan menghasilkan omzet Rp 4 juta per hari. Baginya, angka penjualan senilai itu terhitung besar untuk menutupi biaya sewa.

Dia berharap ramainya pengunjung tidak hanya terjadi pada pekan-pekan menjelang Lebaran atau arus balik nanti, juga pada hari-hari normal.

Kompas.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto aerial
Karena itu, Jack tidak ingin berspekulasi menyewa kios lebih lama. Dia memutuskan untuk mencobanya hanya dalam jangka waktu tiga bulan.

"Jika dalam tiga bulan ke depan omzet bagus, saya akan menyewa lebih lama lagi. Dan bila perlu membuka kios tambahan," ujar Jack.

Di TI Km 166 terdapat sepuluh kios yang diperuntukan khusus bagi usaha kecil menengah (UKM). Dari sepuluh kios tersebut, yang sudah beroperasi baru enam kios. Sisa empat kios lainnya masih dalam tahap fitting out.

TI Km 166 merupakan bagian dari delapan TI yang disediakan oleh PT Lintas Marga Sedaya. Empat TI di antaranya merupakan Tipe A yang dilengkapi dengan SPBU, toilet, kios UKM, mushola, ATM, dan gerai-gerai komersial stand alone lainnya.

Sementara empat TI lainnya merupakan Tipe B yang tidak dilengkapi SPBU namun memiliki fasilitas dasar lainnya seperti TI Tipe A.

Saksikan video perjalanan Tim Kompas.com menyusuri Tol Cikopo-Palimanan:

Kompas Video Menjajal Tol Cipali


 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com