Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rerata Tanah Surabaya Tertinggi di Luar Jakarta

Kompas.com - 15/06/2015, 15:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Harga rerata tanah di Surabaya saat ini merupakan yang tertinggi di luar Jakarta dibanding duabelas kota lainnya. Harga rerata tanah di ibukota Jawa Timur ini sudah menyentuh level Rp 10 juta per meter persegi.

Posisi kedua tertinggi ditempati Tangerang Selatan dengan harga rerata mencapai Rp 8,5 juta per meter persegi. Disusul kemudian Denpasar dengan harga rerata Rp 7,5 juta per meter persegi, dan Bandung Rp 4,5 juta per meter persegi.

Menurut riset terbaru Lamudi Global, tingginya harga rerata tanah di Surabaya mengikuti tren yang sedang terjadi di Jakarta. Pemicunya adalah semakin banyak pengembangan properti, terutama properti komersial. Hal tersebut, kata Lamudi, semakin mendongkrak lonjakan harga tanah.

Pemicu lainnya adalah keterbatasan pasokan lahan di pusat-pusat bisnis, dan pusat-pusat pemerintahan. Sebut saja di kawasan Tunjungan, Embong Malang, dan Jl Basuki Rahmat yang merupakan jantung kota berjuluk "kota pahlawan" tersebut.

Sementara itu, dengan akses yang semakin mudah melalui berbagai ruas jalan tol, Tangerang Selatan mencatat harga rata-rata tertinggi untuk kawasan Bogor, Depok, dan Tangerang (Bodetabek).

Harga tanah di Bogor, Depok, dan Bekasi sendiri masih berkutat pada angka rerata Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta per meter persegi.

Jakarta

Sedangkan harga rerata tanah di Jakarta melesat secara dramatis karena didorong defisit lahan kosong, dan bertumbuhnya permintaan akan hunian, ruang kantor serta properti komersial lainnya. Harga rerata tanah di Jakarta, meroket hingga Rp 25 juta per meter persegi.

Harga setinggi itu berlaku di Jakarta Pusat. Sementara di Jakarta Utara mencapai sekitar Rp 23 juta per meter persegi. Hal ini, kata Lamudi, merupakan fenomena menarik. Pasalnya, meskipun kawasan Jakarta Utara masih sering dilanda banjir, namun pergerakan harga tanahnya demikian agresif.

Bagaimana dengan Jakarta Selatan sebagai konsentrasi perumahan elite dan perkantoran dengan penyewa perusahaan multinasional di sektor migas? Menurut Lamudi, harga rerata tanah di Jakarta Selatan masih lebih tinggi ketimbang Jakarta Barat yang tak kalah prospektif pasca-pembukaan Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi West 2.

Harga rerata tanah di Jakarta Selatan tercatat Rp 14,2 juta per meter persegi. Sedangkan Jakarta Barat Rp 13,5 juta, dan Jakarta Timur Rp 5,3 juta sebagai kawasan dengan pencapaian harga terendah di wilayah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com