Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Ciregol Brebes Sudah Bisa Dilintasi Kembali

Kompas.com - 20/04/2015, 22:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Pembangunan dan penanganan jalan eksisting menggantikan Jalan Ciregol di Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang ambles Sabtu pekan lalu, sudah mulai dibuka untuk semua jenis kendaraan pada Senin (20/4/2015).

“Penanganan jalur Ciregol ini selesai lebih cepat dari jadwal semula," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V Hedy Rahadian, dalam siaran pers yang dikirim kepada Kompas.com, Senin (20/4/2015).

Jalan Ciregol mulai dibuka pukul 10.00 WIB untuk dua arah yang menjadi jalur utama penghubung Tegal-Purwokerto-Brebes-Purwokerto dan sebaliknya yang sebelumnya dialihkan ke jalur alternatif Karangsawah-Linggapura.

Penanganan jalan yang akan dijadikan jalur baru ini menelan dana sekitar Rp 30 miliar dengan kondisi terakhir pengaspalan menggunakan hotmix lapis ACBC 8 sentimeter setebal 16 sentimeter.

Kendati sudah dibuka untuk semua jenis kendaraan, namun diharapkan bobot kendaraan yang lewat tidak melebihi beban yang dipersyaratkan muatan sumbu terbesar (MST) atau kurang dari 10 ton.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menambahkan, kendaraan yang melintas tidak melebihi tonase yang diizinkan, sesuai ketentuan yang berlaku.

"Dengan dibukanya jalur Ciregol ini, angkutan mudik lebaran sudah bisa memanfaatkan ruas ini," tutur Basuki saat meninjau langsung pembukaan Jalan Ciregol.

Dalam kunjungan kerjanya, Basuki didampingi Kepala BPJN V Edy Rahadian, dan Kepala Satuan Kerja Wilayah 1 (meliputi Kabupaten Kendal hingga Brebes) Bina Marga Jawa Tengah Sumarjono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com