Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Melonjak, Meliá Hotels International Tambah 6 Hotel di Bali

Kompas.com - 09/04/2015, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meliá Hotels International (MHI) berencana menambah enam hotel baru di Bali, menyusul kesepakatan kerjasama pengelolaan untuk Sol House Jimbaran, Sol House Kuta, dan Meliá Ubud.

Portofolio baru tersebut dijadwalkan beroperasi dan dibuka untuk publik masing-masing pada 2016 untuk Sol House Kuta, Meliá Ubud pada 2017, dan Sol House Jimbaran pada 2019.

Vice President of Meliá Hotels International for Asia Pacific Region, Bernardo Cabot Estarellas, memastikan rencana tersebut dalam jawaban tertulis melalui surel yang dikirim kepada Kompas.com, pada Rabu (8/4/2015). 

Agresifnya MHI, menurut Bernardo, dipicu meningkatnya jumlah wisatawan dari tahun ke tahun menjadi sekitar 3,2 juta orang. Meskipun Bali dianggap kelebihan pasokan hotel, namun tidak menghalangi rencana ekspansi MHI.

"Kami yakin Bali akan mempertahankan statusnya sebagai salah satu destinasi utama di Asia Pasifik. Hal ini disebabkan hubungan yang sangat baik dengan kota-kota utama di Asia serta infrastruktur yang sangat berkembang di pulau ini," tutur Bernardo.

Dengan meningkatnya jumlah portofolio pengelolaan, lokasi menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan sebuah hotel. Sebagai sebuah kelompok usaha perhotelan, MHI telah memiliki 6 portofolio hotel di Bali dengan lokasi strategis dan masing-masing menargetkan segmen yang berbeda.

"Bisnis perhotelan di Bali adalah bisnis yang sangat potensial karena pulau ini merupakan pasar yang besar, baik bagi wisatawan asing maupun domestik. Hubungan kami dengan Pulau Bali dapat dilihat kembali melalui pembukaan Meliá Bali, yang merupakan perjalananan internasional pertama kami di luar Spanyol sejak 30 tahun silam," beber Bernardo.

Ada pun lima portofolio baru di Bali, merupakan bagian dari 30 hotel baru MHI di wilayah Asia Pasifik. Sebanyak 14 di antaranya berada di Indonesia. Selain  Gran Meliá, MHI juga akan membawa tiga merek utama lainnya, yakni Meliá, Sol Hotels & Resorts, dan Innside by Meliá. 

MHI baru saja menandatangani pengelolaan proyek baru Sol House Jimbaran sebanyak 178 unit, bekerjasama dengan PT Kurnia Inti Sejahtera. Sol House Jimbaran akan menjadi properti milik MHI ke-6 di Bali dan ke-12 di Indonesia, di samping Gran Meliá Jakarta, Meliá Bali, Sol Beach House Benoa Bali, Meliá Purosani, serta yang masih dalam tahap pre-opening  yakni Gran Meliá Bintan, Meliá Adhiwangsa Surabaya, Innside Yogyakarta, Innside Makassar, Sol House Legian, Meliá Ubud dan Sol House Kuta.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com