Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon dan Kicauan Burung Bisa Hilangkan Stres

Kompas.com - 19/02/2015, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Duduk terus menerus di belakang meja dengan tatapan mata tertuju pada layar monitor komputer selama beberapa jam, tentu membuat Anda tidak nyaman. Selain itu, duduk tanpa jeda seringkali bisa merusak kesehatan.

Mata lelah, gangguan pernafasan, nyeri otot dan tekanan darah tinggi adalah beberapa penyakit yang sering dikeluhkan pekerja kantoran.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi dampak negatif duduk berjam-jam di kantor dengan cara yang benar-benar alami. Caranya, bangun penghijauan di sekitar halaman kantor.

Suplai udara segar dari pepohonan dan rerumputan itu tidak hanya memberikan manfaat penyembuhan beberapa gangguan muskuloskeletal yang berhubungan dengan pekerjaan, juga merupakan tempat perlindungan untuk mengisi ulang energi, dan bersantai.

Mulailah rancang kantor Anda dengan membangun penghijauan di depan, samping atau belakang kantor. Bahkan, penghijauan bisa juga ditempatkan di dalam ruangan dengan konsep serba terbuka.

Enam alasan berikut mungkin bisa meyakinkan Anda untuk segera melakukannya:

1. Hijau adalah warna yang menenangkan

Berada di tengah spektrum hijau adalah keseimbangan. Oleh karena itu, hijau membantu mata Anda cepat pulih dari ketegangan.

Kelelahan mata adalah masalah yang banyak dialami pekerja kerah putih karena berjam-jam berada di depan komputer. Untuk menghindari miopia atau penyakit terkait seperti migren dan depresi, kelilingi diri Anda dengan tanaman hijau.

Jika Anda tidak dapat mengambil istirahat sejenak menatap tanaman hijau di kantor, bisa melakukannya di rumah.

2. Penghijauan luar ruang sembuhkan penyakit

Para peneliti menemukan hasil bahwa duduk untuk waktu yang lama sangat tidak baik, karena rentan diserang sejumlah penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung karena tidak aktif dan rendahnya tingkat pengeluaran energi.

Anda juga rentan terhadap gangguan yang berhubungan dengan pekerjaan muskuloskeletal pada bagian tubuh seperti leher, bahu, siku, tangan dan pergelangan tangan, serta punggung.

Hentikan efek negatif tersebut dengan pergi keluar ruangan untuk mendapatkan penghijauan. Nyeri otot sembuh setelah berolahraga atau hanya sekadar jalan-jalan menikmati udara segar dan penghijauan.

3. Hentikan penggunaan AC untuk sementara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com