Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Raup Tabungan Perumahan Rp 3,4 Miliar

Kompas.com - 09/02/2015, 17:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekening tabungan perumahan yang diluncurkan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) pada November 2014, sudah mencapai seribu akun dengan nilai total saldo Rp 3,4 miliar.

Menurut Direktur BTN, Irman A. Zahiruddin, hal tersebut menunjukkan respon masyarakat terhadap tabungan perumahan ini, cukup besar. "Jumlah pemilik rekening sudah mencapai 1.000 akun dengan total saldo Rp 3,4 miliar," ujar Irman kepada Kompas.com, di Menara BTN, Jakarta, Senin (9/2/2015).

Lebih jauh Irman menjelaskan, peminat tabungan perumahan cukup tinggi, karena saat ini, masyarakat ingin membuat rencana membeli rumah. Melalui tabungan perumahan, nasabah bisa memulai perencanaan tersebut dengan setoran awal Rp 2.000.000. Sementara itu, untuk setoran lanjutannya, adalah Rp 100.000.

"Komitmen ini memudahkan nasabah mendapatkan nomor unit untuk apartemen atau rumah yang diinginkan," kata Irman. Maksudnya, lanjut dia, para nasabah secara tidak langsung, telah memiliki satu unit rumah.

Rumah-rumah ini merupakan rumah yang dibangun pengembang melalui skema kerjasama dengan BTN. Irman juga mengaku, tidak akan berhenti pada 1.000 rekening saja. "Ini kan baru ya, kami menargetkan dalam satu milestone, bisa mencapai Rp 500 miliar," tandas Irman.

Untuk mencapai target, kata dia, BTN akan memperluas kerja sama dengan beberapa pengembang lain. Tiap rekening yang dibuat harus sudah terjamin dengan satu unit rumah. Untuk diketahui, tabungan ini memiliki fitur-fitur yang menguntungkan nasabah, yaitu bebas biaya administrasi, bebas biaya penggantian buku tabungan, dan biaya-biaya lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com