Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Properti di Cirebon Semakin Menggeliat

Kompas.com - 03/02/2015, 17:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Bisnis properti di Cirebon, Jawa Barat, semakin menggeliat. Hal itu terlihat dari banyaknya pengembangan-pengembangan baru, mulai dari perumahan, hotel, ruko, hingga pusat belanja.

Indikasi lainnya adalah transaksi properti yang terus menunjukkan tren positif. Menurut Direktur Utama PT Trimanunggal Utama, Gunadi, dari setiap pameran properti yang diselenggarakan Komisariat Real Estat Indonesia (REI) Cirebon, transaksi properti tak pernah sepi.

"Semester kedua tahun lalu, kami menyelenggarakan "Cirebon Property Expo" selama sepuluh hari membukukan transaksi sebesar Rp 70 miliar. Sementara pada semester pertama sekitar Rp 50 miliar. Tahun ini kami menargetkan transaksi Rp 100 miliar," papar Gunadi kepada Kompas.com, Selasa (3/2/2015).

Pameran yang diselenggarakan kali ini, kata Gunadi, diikuti oleh 40 pengembang skala lokal, dan nasional, serta peserta dari sektor perbankan, dan industri material. "Tingginya minat peserta pameran dipicu meningkatnya kebutuhan akan hunian," tutur Gunadi.

Lebih jauh dia menjelaskan, kebutuhan hunian terasa melonjak sejak tahun 2010. Urbanisasi telah membuat Kota dan Kabupaten Cirebon berkembang dinamis. Tentu saja, hal ini kata Gunadi, berimplikasi pada bergeraknya sektor properti. Sehingga pengembang sekelas Ciputra Group pun mau menggarap pasar Cirebon.

Melalui cucu usahanya, PT Ciputra Nusa Mitra membangun CitraLand Cirebon. Belum lagi Grage Group juga tengah membesut Pegambiran Residences, dan Grage City yang merupakan proyek multifungsi dengan pusat belanja sebagai fasilitas utamanya.

Sedangkan PT Karya Mandiri Mega Kencana menggarap Taman Cipto. Menyusul pengembang lainnya, termasuk pemain lokal, terus menggarap klaster-klaster perumahan dalam bentuk town house.

PT Trimanunggal Utama sendiri, aku Gunadi, tahun ini tengah dan akan mengembangkan sembilan perumahan. Sebagian besar di kota Cirebon, sementara yang lainnya di Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu.

"Empat di antaranya dikerjakan kuartal pertama 2015 yakni Griya Taman Suci, Graha Cendana, Griya Arga Cendana, dan Griya Wisata, kami mengalokasikan dana Rp 15 miliar untuk perolehan lahan," ungkap Gunadi.

Sementara di sektor perhotelan, PT Metropolitan Land Tbk sudah mengoperasikan hotel bintang tiga bertajuk Metland Hotel. Demikian halnya dengan Ciputra Group yang sudah membuka CitraDream Cirebon sebanyak 121 kamar. Kehadiran hotel tersebut akan diikuti 15 hotel lainnya yang akan beroperasi hingga 2016 mendatang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com