Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Piala Dunia Qatar Bernuansa Islami

Kompas.com - 05/12/2014, 16:01 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Menghadapi Piala Dunia FIFA 2022, Qatar sudah menyiapkan sebuah stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk. Desain stadion keempat, "Qatar Foundation Stadium", tersebut, baru saja diresmikan oleh Supreme Committee for Delivery and Legacy (SC).

Strukturnya terinspirasi dari arsitektur Islam. Warna panelnya juga bergantung pada pengaruh iluminasi artifisial yang direfleksikan dari acara yang tengah berlangsung di dalam stadion.

Arimbi Ramadhiani Selain acara FIFA World Cup Qatar, stadion ini diharapkan menjadi pusat olahraga, tempat menghabiskan waktu luang dan berinteraksi.

Tidak hanya dipersiapkan untuk Piala Dunia FIFA 2022, stadion ini rencananya juga diperuntukan bagi mahasiswa Qatar’s Education City, The Home of Qatar Foundation for Education, dan Science and Community Development (QF).

Stadion ini dideskripsikan sebagai tempat untuk membantu generasi muda Qatar dalam meraih kesuksesan. Sejumlah gym, klinik, pusat olahraga air, dan fasilitas olahraga lainnya seperti lintasan sepeda, panjat tebing akan ditambahkan di dalam area stadion.

Seiring perhelatan Piala Dunia FIFA 2022, stadion ini diharapkan menjadi pusat olahraga, serta tempat menghabiskan waktu luang dan berinteraksi.

Qatar Foundation Stadium merupakan stadion keempat untuk Piala Dunia 2022, setelah Khalifa International Stadium, Al Bayt Stadium dan Al Wakrah Stadium karya diva arsitek Zaha Hadid. Seluruh stadion akan terkoneksi dengan transportasi modern yang mampu mengangkut para penggila bola secara cepat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com