Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Tiongkok Mulai "Invasi" Dubai

Kompas.com - 29/09/2014, 14:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Setelah "menginvasi" Inggris dan Amerika Serikat, giliran Timur Tengah yang menjadi sasaran ekspansi pengembang Tiongkok.

Adalah Apex Real Estate Development yang memulai proyek properti perumahan terpadu di Mohammad Bin Rashid City, Dubai, Uni Emirat Arab. Kehadiran mereka sekaligus merupakan pengembang Tiongkok pertama yang menggarap kota ini.

Apex Real Estate Development melansir perumahan bertajuk "The Royal Gardens". Di dalamnya berisi 878 unit townhouse, dan villa dengan total luas bangunan 557.418 meter persegi. Fasilitas yang melengkapinya bervariasi, mulai taman, sekolah, hingga ruang komersial ritel.

"The Royal Gardens adalah proyek perdana kami dan tujuan utama kami adalah untuk memberikan gaya hidup mewah namun dengan harga terjangkau," ujar Manajer Pemasaran Apex Real Estate Development, Mustafa H Yassin.

Keseriusan Apex Real Estate Development menggarap pasar Dubai dibuktikan dengan penunjukan langsung kontraktor utama, Meydan Group. Mereka akan mengerjakan proyek ini hingga tuntas pada 2019 mendatang.

Berekspansinya Apex Real Estate Development di pasar mancanegara, mengikuti jejak Greenland Holdings di Amerika Serikat, dan Dalian Wanda Group yang merambah, London Inggris, sejak awal 2013. Dalian Wanda Group tercatat mengambil alih saham proyek hotel dan residensial senilai 700 juta poundsterling (Rp 12,4 triliun).

Langkah ekspansi Dalian Wanda diikuti oleh perusahaan asuransi Ping An yang membeli gedung bergengsi London Tower dari Commerz Estate AG senilai 260 juta poundsterling (Rp 4,6 triliun).

Sementara Greenland menanamkan investasi pertamanya di AS pada bulan Juli dengan membeli 1 miliar dollar AS (Rp 11 triliun) saham proyek multifungsi di pusat kota Los Angeles. Proyek tersebut terdiri atas hotel, kantor dan perumahan mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com