Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Group Bidik Kota Kedua di Luar Jawa

Kompas.com - 25/09/2014, 14:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon Group, pengembang yang berbasis di Jakarta, bakal lebih intensif melebarkan sayap bisnis ke kota-kota lapis kedua di luar Jawa. Setelah Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mereka membidik Balikpapan, dan Samarinda, Kalimantan Timur, serta Makassar (Sulawesi Selatan), Manado (Sulawesi Utara), dan Palembang (Sumatera Selatan). 

Komisaris Utama Pohon Group, Harry Budi Hartanto, mengungkapkan rencana strategis kelompok usahanya dalam beberapa tahun ke depan, kepada Kompas.com, usai seremoni peletakan batu pertama TreePark Apartments and Commercial, Kamis (25/9/2014). 

"Banjarmasin merupakan kota yang menunjukkan pertumbuhan di sektor properti. Hal ini didukung oleh daya beli masyarakatnya yang juga tumbuh pesat serta industri komoditas dan jasa yang mulai hidup dalam tiga tahun terakhir. Kota-kota lain tak kalah pesatnya, terutama Balikpapan dengan pangsa pasar berdaya beli tinggi," papar Harry. 

Dia menuturkan, pertumbuhan industri dan bisnis di kota tersebut memicu meningkatnya kebutuhan akan properti-properti komersial. Oleh karena itu, Pohon Group masuk Banjarmasin mengusung proyek pergudangan. Dalam sekali kesempatan, yakni saat peluncuran perdana, kompleks pergudangan DeCommerce Banjarmasin langsung terserap pasar.

"Kami memanfaatkan peluang itu dengan membuka pergudangan dan juga hotel budget plus TreePark Hotel. Pasar perhotelan juga cukup bagus pertumbuhannya," tambah Harry.

Baik DeCommerce maupun TreePark Hotel, imbuh Harry, akan dikelola sendiri secara profesional dengan fokus pada layanan berkualitas. Selain DeCommerce dan TreePark Hotel Banjarmasin, Pohon Group saat ini juga tengah mengerjakan TreePark Serviced Apartment di Karawang, Jawa Barat, dan TreePark Apartment and Commercial di Serpong, Banten. 

Untuk mendanai pengembangan ketiga proyek tersebut, Pohon Group mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp 300 miliar. Sementara target penjualan (marketing sales) tahun ini sekitar Rp 700 miliar.

"Kami pengembang baru, jadi target-target masih moderat. Namun, rencana strategis sudah kami siapkan matang. Tahun 2015 dan 2016, kami akan melansir mixed use development  TreePark City di Cikokol, Tangerang seluas 2,5 hektar yang mencakup apartemen, hotel, dan perkantoran," buka Harry. 

Sementara di Balikpapan dan kota-kota lainnya, Pohon Group cenderung membangun apartemen, hotel dan pergudangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com