Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Diva Arsitektur Ini Mendapat Penghargaan Bergengsi

Kompas.com - 23/08/2014, 18:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Diva arsitektur dunia, Zaha Hadid, kembali mendapat anugerah, gelar kehormatan atas prestasinya dalam menghasilkan karya fenomenal, dan tak jarang juga kontroversial.

Gelar kehormatan tersebut berupa Honorary Degree by Goldsmiths, yang diberikan Universitas London, Inggris. Penganugerahan secara resmi rencananya dilakukan bulan September mendatang.

Universitas London, mendeskripsikan Zaha Hadid sebagai salah satu praktisi seni arsitektur yang paling berbakat abad ini.  Zaha juga dinilai berhasil melakukan pendekatan inventif, dan keinginan untuk menantang konvensi, serta mendorong batas-batas arsitektur dan desain perkotaan.

Sekretaris Goldsmiths, Liz Bromley, mengatakan, penerima penghargaan tahun ini adalah kelompok yang luar biasa dan sangat berbakat. Mereka telah mengubah masyarakat melalui desain arsitektur yang inspiratif.

"Mereka telah menunjukkan kekonyolan dunia melalui pendekatan arsitektur dan semuanya membuat kami tertawa. Mereka telah menginspirasi kami dengan kata-kata mereka, musik mereka, dan seni mereka. Mereka telah berjuang untuk hak-hak kami. Dan mereka telah membantu kita memahami siapa kita sekarang dengan melihat ke masa lalu," papar Bromley.

Inilah saatnya, tambah Bromley, dunia merayakan prestasi mereka. "Kami telah mengundang mereka untuk bergabung dengan keluarga Goldsmiths dan akan menyambut mereka ke dalam komunitas kami. Mereka sekarang akan menjadi bagian dari sebuah institusi yang membanggakan diri pada pemberdayaan individu dari semua lapisan masyarakat untuk menjadi visioner, seperti mereka," tandas Bromley.

Sebelumnya, Zaha telah mendapat beberapa penghargaan bergengsi dan prestisius, antara lain Pritzker Architecture Prize, Stirling Prize, dan Structural Steel Design Awards.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com