Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kebun Binatang Ini, Hewan dan Manusia Bisa Hidup Berdampingan

Kompas.com - 31/07/2014, 18:01 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur BIG secara resmi mengungkapkan rencananya merenovasi kebun binatang Givskud Zoo di Denmark. Perusahaan tersebut menamai kebun binatang ini dengan Zootopia.

Menariknya, Zootopia berbeda dengan kebun binatang lain di dunia yakni memungkinkan  hewan-hewan di dalamnya berkeliaran secara bebas dan bisa hidup "berdampingan" dengan manusia.

"Ini adalah impian kami, dengan Givskud, untuk menciptakan kemungkinan terbaik dan lingkungan terbebas bagi kehidupan hewan dan hubungan dengan hewan lain serta pengunjung," ujar BIG, seperti dikutip Dezeen.

Dalam sumber yang sama disebutkan, taman ini akan terbagi menjadi tiga zona berbeda. Masing-masing zona akan merepresentasikan tiga keadaan alam berbeda di tiga benua, yaitu Asia, Afrika, dan Amerika.

Sebagai contoh, panda akan diberikan tempat tinggal dari bambu. Sementara, beruang akan tinggal di antara bongkahan kayu, dan gajah akan tinggal di lahan berbukit-bukit, tidak jauh dari sawah. BIG juga menamai beberapa lokasi dengan "savannah craters" untuk jerapah dan zebra, "lion hill" untuk singa, dan "penguin rock enclosure" untuk pinguin.

BIG tidak sekadar meniru bangunan-bangunan vernakular dari tiap daerah. Mereka berupaya mengintegrasikan dan menyembunyikan bangunan-bangunan yang ada di kawasan kebun binatang ini.

"Kami ingin membangun tempat tinggal binatang-binatang yang dibuat secara khusus bagi mereka dan di saat yang sama, memiliki kualitas seasli lingkungan asal mereka," imbuh BIG.

Di tengah-tengah kebun binatang akan terdapat lingkaran besar. Dari sana, pengunjung bisa terbang melintasi area Amerika, mengendarai sepeda melintasi area Afrika, atau berlayar melintasi Asia.

Kiini renovasi kebun binatang tersebut masih dalam proses. Belum pasti kapan proyek menarik yang diketuai oleh Nanna Gyldholm Møller ini selesai. Namun, selama masa renovasi, kebun binatang tersebut masih beroperasi seperti biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com