Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Dicontoh... Ini Kesempatan Menekan Polusi Bising di Kota Besar!

Kompas.com - 03/07/2014, 13:01 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Para peneliti dari International Council of Academies of Engineering and Technological Sciences (CAETS) di Swedia rupanya sudah menemukan metode sederhana untuk menekan suara bising atau polusi suara di kota-kota besar. Salah satu caranya dengan menekan sumber kebisingan tersebut.

Masyarakat, dan tentu saja pemangku kepentingan di kota, bisa mulai memikirkan penyediaan akustik berkualitas baik dalam gedung baru maupun jaringan jalan. Dengan kata lain, penekanan suara bising di kota berhubungan erat dengan proses perancangan kota.

Laporan dari CAETS Noise Control Technology Comitee (NCTC) dan International Institute of Noise Control Engineering ini disusun oleh Tor Kihlman dan Wolfgang Kropp dari Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia, serta William W. Lang dari Noise Control Foundation di Poughkeepsie, New York, Amerika Serikat. Laporan lengkapnya bisa Anda akses di tautan ini.

Laporan tersebut menyarankan para perencana perkotaan untuk merancang penempatan bangunan-bangunan tinggi dengan tepat agar bisa menjadi penghalang suara. Mereka juga diminta untuk menurunkan batas kecepatan kendaraan, khususnya pada waktu malam, serta meningkatkan kualitas permukaan jalan. Pasalnya, kedua hal ini bisa menekan suara bising.

Kemudian, para perencana perkotaan juga diminta untuk mendesain kota yang "ramah" bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Terakhir, transportasi umum seharusnya diatur dengan lebih baik. Alat transportasinya sebaiknya moda transportasi massal yang lebih hening dan bisa menampung banyak masyarakat. Hal ini bisa menekan jumlah pengendara mobil.

"Kebanyakan dari hal-hal yang diperlukan tersebut ideal untuk kota-kota padat penduduk," ujar Tor Kihlman dalam pernyataan pada Fastcodesign.com.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan bahwa hal ini bisa juga memiliki efek positif pada perubahan iklim. Lantas, apa efek suara bising hingga sebaiknya menjadi perhatian para pemangku kepentingan?

Seperti dikutip dalam Fastcodesign.com, bukti-bukti ilmiah menunjukkan bahwa suara bising berakibat buruk pada kualitas tidur penduduk kota, peningkatan tekanan darah, peningkatan detak jantung, penyakit jantung, dan peningkatan risiko kehilangan pendengaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com