Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Istimewa, Hasil Rancangan Maestro Arsitektur Dunia

Kompas.com - 10/04/2014, 16:27 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Dunia kembali menyaksikan karya unik arsitek Zaha Hadid. Kali ini, Hadid membuat kursi atau tempat duduk istimewa untuk perusahaan penghasil furnitur asal Italia, Sawaya & Moroni.

Designboom Manta-Ray karya Zaha Hadid merupakan tempat duduk aluminium cetakan ganda berbentuk sculptural.

Sawaya & Moroni memiliki keinginan untuk mengeksplorasi topik bertajuk "permukaan" bagi ajang Milan Design Week 2014. Perusahaan asal Italia tersebut menginvestigasi berbagai kemungkinan penciptaan furnitur yang mengedepankan tema ini.

"Permukaan" merupakan hal penting, tidak hanya dalam dunia desain produk, namun juga arsitektur. Di sinilah ruang bagi Hadid untuk ikut serta dalam proyek Sawaya & Moroni.

Designboom Kursi berbentuk unik karya Zaha Hadid ini merupakan desain yang penuh dengan karakter. Di saat yang sama, kesederhanaan juga menjadi kunci bagi kursi tersebut.

"Akar bagi penelitian arsitektural atas kemampuan permukaan menyediakan ruang dan volume bisa dilacak kembali hingga era para pionir di abad ke-20. Dengan benchmark sejarah modern arsitektur yang bermula dari Frei Otto hingga Buckminster Fuller, dari Feliz Candela ke Heinz Isler," ujar Hadid.

Hadid membuat kursi bernama Manta-Ray untuk proyek Sawaya & Moroni ini. Kursi tersebut merupakan tempat duduk berbahan aluminium cetak ganda yang dibuat dalam bentuk melipat dan kontinyu. Artinya, seolah tidak ada ujung dalam permukaan kursi tersebut.

Dua orang bisa bersama-sama menggunakannya dengan memanfaatkan ceruk di permukaan terlebar kursi. Selain dua ceruk tersebut, tidak ada karakteristik lain yang tersedia pada kursi ini. Tampaknya, Hadid memang ingin menonjolkan kesederhanaannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com