Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Baru, "Biomimikri" Bisa Gantikan Lampu

Kompas.com - 26/03/2014, 08:01 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Tampilan jalan-jalan raya di masa depan mungkin berbeda dari yang selama ini ada di benak kita. Alih-alih menggunakan peralatan penerang dan amaran menyerupai robot, masa depan mungkin dipenuhi oleh makhluk hidup hasil manipulasi genetika. Setidaknya, itulah yang dibayangkan oleh desainer asal Belanda, Daan Roosegaarde.

Roosegaarde mengeksplorasi berbagai kemungkinan menggunakan pendar serupa dengan yang dihasilkan ubur-ubur dan jamur untuk membuat pohon bercahaya dalam gelap. Dengan kata lain, lanskap kota di masa depan mungkin akan penuh dengan pohon-pohon berpendar di tepi jalan.

Dalam film yang direkam pada acara SXSW di Austin, Roosegaarde menjelaskan, tahun lalu dia begitu terkesima dengan biomimikri. "Tahun lalu saya benar-benar tertarik dengan biomimikri. Apa yang bisa kita pelajari dari alam dan mengaplikasikannya untuk membangun lingkungan, jalan, ruang publik, dan bagi lanskap urban kita?" tanya Roosegaarde.

Sebagai catatan, biomimikri adalah metode mengimitasi model dan sistem yang ditemukan di alam untuk menyelesaikan berbagai masalah desain kompleks. Salah satu yang paling menarik perhatian Roosegaarde adalah pendar ubur-ubur dan kunang-kunang.

Ketertarikannya ini membuat Roosegaarde berkolaborasi dengan State University of New York dan Alexander Krichevsky. Krichevsky sudah mengenalkan tanaman yang mampu menghasilkan cahaya awal tahun ini.

Roosegaarde kini tengah mengerjalan proposal untuk bisa menggunakan tanaman-tanaman hasil kreasi Krichevsky dalam skala besar. Berikut ini video yang menampilkan pandangan Roosegaarde mengenai pohon berpendar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com