Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebas Bising di Rumah Terbuka Teguh Ostenrik

Kompas.com - 13/02/2014, 10:51 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Sepintas rumah ini mirip sebuah labirin. Ada banyak celah untuk bersembunyi. Uniknya, di saat yang sama, rumah ini juga menawarkan keterbukaan karena minim dinding.

Nyaris, memang, tak ada dinding. Beberapa ruang, seperti dapur dan bahkan kamar mandi dibiarkan terbuka begitu saja. Minimnya dinding ini memberikan beberapa keuntungan, misalnya, membuat penghuni rumah masih bisa saling berinteraksi satu sama lain dari kedua ujung rumah, meski hanya lewat gestur dan tatapan.

Kendati demikian, bisingnya suara motor tak terdengar di rumah ini. Hanya suara adzan yang sesekali menyelinap masuk di antara dinding-dinding kayu dan beton rumah ini.

Tanah miring

Suasana syahdu itulah yang akan langsung terasa begitu menginjakkan kaki di "Bilik 3 Dharma", rumah sekaligus studio milik pelukis dan pematung Teguh Ostenrik di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan. Lokasinya tidak seberapa jauh dari ingar-bingar ibukota. Namun, sekali kaki Anda menginjak rumah ini, suasananya sangat berbeda, seperti pada kunjungan KOMPAS.com ke kediaman sang seniman itu, Rabu (12/2/2013) siang.

Sinar matahari yang biasanya sembunyi di balik awan, bersinar begitu terik. Lalu lintas pun seperti biasa, tak terlalu bersahabat. Namun, keadaan di dalam Bilik 3 Dharma ini bertolak 180 derajat.

Teguh dan isterinya, Mira, dengan santai menyambut kedatangan kami. Mereka pun mengaku tidak begitu tahu keadaan lalu-lintas jalanan Jakarta.

"Saya tidak pernah lihat macet Jakarta. Kalau sudah dengar macet di Radio Elshinta atau Sonora, saya tawar saja meeting pakai Skype," ujar Teguh sambil tertawa.

Tak heran, Teguh enggan meninggalkan rumahnya yang terbilang unik ini. Rumah tersebut berada di atas tanah miring seluas 700 m2. Perbedaan ketinggian ini membuat Teguh mengambil keputusan untuk membuat "halaman buatan" dengan menempatkan tanah dan rumput di atas permukaan hasil coran.

KOMPAS.com / Roderick MosesPemandangan dari lantai kedua rumah pelukis dan pematung Teguh Ostenrik. Rumah milik sang seniman memiliki konsep terbuka yang tidak hanya memberikan karakter unik, namun juga sesuai dengan lembabnya iklim tropis.

Ada empat volume utama di rumahnya. Volume pertama merupakan area pintu masuk. Keluar dari volume tersebut, di kiri dan kanan terdapat dua bangunan lain.

Bangunan di kiri tampak lebih moderen dari bentuk limasan yang ada di kanan. Sementara itu, tepat di luar area pintu masuk terdapat halaman yang dipenuhi dengan rumput hijau. Di bawah halaman tersebut terdapat kamar tidur dan kamar mandi.

Bangunan di kiri digunakan untuk beberapa keperluan. Lantai dasarnya dibiarkan terbuka dan digunakan hanya sebagai ruang makan. Di atasnya terdapat studio yang bisa digunakan oleh Teguh untuk melukis atau digunakan oleh anak-anaknya untuk memotret.

Di studio tersebut juga terdapat kamar mandi dan level mezanin yang digunakan sebagai kamar tidur. Tak ada pintu yang menutup ruangan-ruangan ini. Dari lantai bawah, siapa pun bisa melenggang masuk hingga ke level mezain.

KOMPAS.com / Roderick Moses Rumah milik Teguh Ostenrik memiliki konsep terbuka. Salah satu ruang yang dibiarkan terbuka adalah dapur. Hanya dinding berlubang yang memisahkan antara dapur dengan ruang lainnya. Selain itu, area dapur juga dipisahkan dengan menggunakan kolam mungil.

Sementara itu, di kanan terdapat limasan. Menurut Teguh, meski rumahnya baru dibangun sepuluh tahun lalu, atau sekitar tahun 2003, Limasan yang ada di rumahnya sudah berasal dari tahun 1949. Menembus limasan yang digunakan sebagai studio tersebut, Anda bisa mengunjungi dapur berkonsep terbuka. Dapur dan area limasan dipisahkan dengan kolam kecil.

Terbuka untuk keamanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com