Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang Hujan, Selamat Mendekorasi Rumah!

Kompas.com - 03/01/2014, 17:08 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Hampir setiap hari, Kota Jakarta diguyur hujan. Langit mendung menjadi pemandangan sehari-hari yang tidak bisa terhindarkan. Namun, keadaan ini seharusnya tidak menjadi halangan dalam membuat rumah tetap terasa nyaman dan menyenangkan. Berikut ini beberapa cara mendekor rumah di musim hujan yang dihimpun dari berbagai sumber.

Memang, meski keadaan di luar rumah begitu gelap dan muram, Anda tetap bisa membuat interior rumah tampil cerah. Gunakan aksen penuh warna di dalam rumah. Manfaatkan warna-warni menarik untuk throw pillow di sofa Anda. Masukkan juga bunga-bunga berwarna cerah untuk "mewarnai" interior rumah. Anda juga bisa menggunakan keset atau karpet berbagai warna, serta throw blanket untuk memberikan aksen kontemporer.

www.houzz.com Gunakan aksen penuh warna di dalam rumah. Manfaatkan warna-warni menarik untuk throw pillow di sofa Anda. Masukkan juga bunga-bunga berwarna cerah untuk
Bermainlah dengan warna untuk meningkatkan mood Anda. Pilihlah warna-warna cerah seperti kuning dan oranye. Hindari penggunaan warna yang gelap, seperti hitam, biru tua, atau warna-warna lain.

Maksimalkanlah cahaya di dalam rumah Anda. Anda tidak bisa mendapatkan banyak sinar matahari di musim hujan. Maka itu, maksimalkan pencahayaan di dalam rumah.

www.houzz.com Maksimalkanlah cahaya di dalam rumah Anda. Anda tidak bisa mendapatkan banyak sinar matahari di musim hujan. Maka itu, maksimalkan pencahayaan di dalam rumah.
Pertama-tama, gunakan lampu hemat energi. Rasa hangat bisa Anda dapatkan dengan menggunakan lampu berwarna kekuningan. Gunakan lampshade dan chandelier untuk mendapatkan pendar cantik yang hangat.

Memaksimalkan cahaya di dalam rumah juga bisa Anda lakukan dengan cara membuka kesempatan sebesar-besarnya agar cahaya dari luar bisa masuk. Hindari penggunaan gorden tebal yang menghalangi masuknya cahaya.

Kemudian, masukkan tanaman ke dalam rumah untuk memberikan kesegaran. Selain bunga-bunga penuh warna, tanaman sukulen yang mungil dan hijau juga bisa membawa kesegaran pada interior rumah Anda.

www.houzz.com Bermainlah dengan warna untuk meningkatkan mood Anda. Pilihlah warna-warna cerah seperti kuning dan oranye. Hindari penggunaan warna yang gelap, seperti hitam, biru tua, atau warna-warna lain.
Tidak hanya soal estetika. Perhatikan juga hal-hal yang berhubungan dengan listrik dan perubahan material dalam musim penghujan.

Udara yang lembab mampu mengubah beberapa material. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan kabel-kabel, terutama kabel listrik, berkualitas baik dan berstandar nasional. Pastikan rumah Anda memiliki sistem ventilasi silang (cross ventilation) untuk memastikan kelembaban tidak tinggal di dalam rumah Anda.

Tambahkan juga kenyamanan Anda di dalam rumah dengan memastikan keharuman rumah Anda. Hindari bau lembab, dan bau tidak sedap lainnya dengan menggunakan wewangian segar.

Selamat mendekor rumah Anda, dan jaga rumah tetap terasa menyenangkan selama musim penghujan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com