Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Barang, Kunci Nyaman Pindah ke Rumah Mungil!

Kompas.com - 03/01/2014, 11:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -  Singkirkan semua barang yang tidak Anda butuhkan! Saran ini terdengar jauh lebih mudah ketimbang praktiknya. Padahal, inilah yang sebaiknya Anda lakukan ketika pindah ke rumah berukuran lebih kecil.

Kontributor Houzz, Becky Dietrich memberikan beberapa saran bagi Anda untuk mengurangi barang saat pindah ke rumah berukuran lebih kecil. Pertama-tama, Dietrich meminta Anda untuk menaruh perhatian pada barang-barang kenangan dan cenderamata kenangan, termasuk juga barang pemberian keluarga Anda.

www.houzz.com Pertama-tama, Dietrich meminta Anda untuk menaruh perhatian pada barang-barang kenangan dan cenderamata kenangan, termasuk juga barang pemberian keluarga Anda.
Tak sulit, caranya. Coba, tanyakan pertanyaan seperti, "Apakah Anda akan merindukan barang ini jika sudah bukan lagi milik Anda?" Atau, "Apakah benda ini membawa kenangan baik atau buruk?" Cari juga barang kenangan yang mampu memberikan kenangan dan rasa menyenangkan bagi Anda selama bertahun-tahun ke depan.

Selanjutnya, mulailah memberikan label dengan menggunakan post-it atau notes yang bisa ditempel. Gunakan tiga warna, misalnya merah muda, biru, dan kuning. Tempelkan notes merah muda untuk barang yang tetap Anda bawa, biru untuk barang yang akan disingkirkan, dan kuning jika masih mempertimbangkan untuk memilikinya.

Bukalah kesempatan untuk mengubah label yang sudah Anda berikan. Ingat, tempat yang Anda miliki hanya terbatas.

Kini, berikan perhatian pada foto-foto keluarga. Setiap foto tentu memiliki cerita yang berbeda. 

www.houzz.com Jangan juga melupakan pakaian. Cobalah tanyakan ini pada diri Anda,
Tidak hanya foto yang ada di pigura. Anda juga harus mempertimbangkan tumpukan album foto di rumah Anda. Dietrich melakukan hal berikut ini. Pertama, dia memerlukan dua bulan untuk mengkategorikan foto berdasarkan tahun. Kemudian, Dietrich menyatukan foto-foto kesukaan dalam 40 tahun terakhir di satu album. Sisanya, foto-foto tentu tidak dibuang, namun dimasukkan ke dalam plastik, disegel, dan diberi label yang menunjukkan isinya.

Jangan juga melupakan pakaian. Cobalah tanyakan ini pada diri Anda, "Sudahkah saya mengenakan pakaian ini dalam enam bulan terakhir?" Jika tidak, lebih baik sumbangkan atau berikan pada kerabat Anda yang menyukainya. Selain pakaian, pertimbangkan juga barang-barang fesyen lainnya. Misalnya, sepatu dan tas.

Selain barang-barang kenangan dan barang pribadi, Anda tentu juga membutuhkan barang-barang bersama, seperti keperluan dapur. Kenakan kriteria yang sama dengan pakaian. Jika Anda tidak pernah menggunakannya, lebih baik singkirkan alat dapur tersebut.

Pun, begitu dengan alat-alat berkebun. Jika sebelumnya rumah Anda memiliki halaman sangat besar, mungkin Anda punya perlengkapan bercocok tanam lengkap. Namun, jika tempat Anda pindah hanya memiliki sedikit kebun, singkirkan perlengkapan tersebut.

Mengenai furnitur, kenali dulu rumah baru Anda. Setidaknya, ketahui apakah furnitur yang Anda miliki saat ini bisa masuk ke dalam rumah baru. Pertimbangkan ukuran dan karakter furnitur yang Anda miliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com