Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Trik Mudah Mendekor Kamar Mandi Mungil

Kompas.com - 21/12/2013, 09:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Rezeki yang Anda dapatkan di akhir tahun bisa dimanfaatkan untuk merenovasi rumah. Anda bisa mempercantik kamar mandi mungil, misalnya. Meski fungsi lebih penting daripada estetika, namun, bukan berarti Anda tidak bisa membuat kamar mandi tampak cantik.
 
Sebuah foto karya David Engelhardt menampilkan kamar mandi mungil yang berisi bath tub dan wastafel. Tim Seggerman merancang kamar mandi yang berada di dalam apartemen seluas 22,3 m2 di New York, Amerika Serikat tersebut dengan gaya Nakashima.

Seggerman menggunakan ubin berwarna putih berukuran kecil-kecil dan kayu untuk menutupi dinding. Perpaduan keduanya sederhana, apik, dan membuat kamar mandi berukuran kecil tetap terasa luas dengan warna terang.

 
Mendekor ruang berukuran kecil tidak harus selalu menggunakan warna terang. Vinciguerra dan Santiard menggunakan warna hitam untuk dinding dan jendela berkaca hijau dalam kamar mandi mungil karya mereka. Jendela tersebut digunakan untuk memberikan hubungan visual antar ruangan. Kamar mandi ini menggunakan pancuran dari atas kepala yang hemat tempat.

Beberapa pola dalam mendekor kamar mandi berukuran mungil, membuat nyaman dan tampak cantik. Pola tersebut adalah penggunaan warna terang, alat mandi yang hemat tempat, minim sekat atau menggunakan sekat dari kaca, dan pencahayaan memadai.

 
Anda tentu bisa menggunakan warna-warna mencolok seperti pilihan Vinciguerra dan Santiard. Namun, penggunaan warna-warna yang berani akan sangat berhubungan dengan pencahayaan. Pencahayaan yang cukup pun mampu membuat dinding dan lantai berwarna gelap tampak cantik. Sebaliknya, penggunaan warna-warna terang pada dinding dan lantai relatif memberikan kesan lebih luas dan lebih segar pada kamar mandi. 
 
Anda juga bisa menggunaan alat mandi yang hemat tempat. Alih-alih menggunakan bath tub, gunakan shower, kloset berbentuk ramping, dan gantungan handuk yang menempel dengan dinding. Jika terpaksa menggunakan sekat agar air dari shower tidak tersebar ke seluruh kamar mandi, Anda juga bisa menggunakan lembaran kaca. Cara ini tidak menyekat pandangan Anda di dalam kamar mandi dan tidak memblokade cahaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com