Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermula dari Ketidaksengajaan, Berbuah Furnitur-furnitur Cantik...

Kompas.com - 03/01/2014, 12:21 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika kapur ajaib yang dimiliki Rudolph "Rudy" Tabootie dalam film kartun ChalkZone benar-benar ada? Anda bisa menggambar apa pun dan membuatnya jadi kenyataan.

Namun, tampaknya Jinil Park, desainer asal Korea Selatan, tidak memerlukan kapur ajaib. Dia berhasil membuat furnitur yang tampak seperti hasil sketsa hanya dengan menggunakan teknik sederhana dan imajinasi tanpa batas.

www.dezeen.com Alih-alih menyempurnakan sketsa yang dibuatnya, Park justru menggunakan sketsa tersebut dan merealisasikannya langsung menjadi furnitur siap guna.
Umumnya, desain furnitur memang berawal dari coretan dan sketsa sederhana. Namun, desain tersebut kemudian disempurnakan hingga menjadi furnitur yang ada di ruang tamu Anda. Namun bukannya menyempurnakan sketsa yang dibuatnya, Park justru menggunakan sketsa tersebut dan merealisasikannya langsung menjadi furnitur siap guna.

Furnitur-furnitur unik ini merupakan bagian dalam koleksi bernama Drawing Series. Koleksi tersebut terdiri dari lima jenis furnitur, yaitu dua kursi, dua lampu, dan sebuah meja. Semuanya dibuat dari kabel baja.

"Konsep untuk proyek saya adalah gambar, seperti bisa Anda lihat bahwa konsepnya sangat sederhana dan ini benar-benar furnitur yang direalisasikan dari gambar," ujar Park dalam Dezeen.

www.dezeen.com Furnitur-furnitur unik ini merupakan bagian dalam koleksi bernama Drawing Series. Koleksi tersebut terdiri dari lima jenis furnitur, yaitu dua kursi, dua lampu, dan sebuah meja. Semuanya dibuat dari kabel baja.
Menariknya, karya Park ini ternyata berawal dari ketidaksengajaan. Proses menggambar yang menyenangkan membuat Park yakin bahwa gambarnya tersebut mampu direalisasikan menjadi benda yang sangat menarik. Sama seperti guratan garis dalam sketsa, dia juga berharap bahwa garis-garis pada furnitur buatannya mampu menggambarkan perasaan, status, dan emosinya.

"Saya pilih (sketsa) yang paling saya suka dan yang bisa saya buat menjadi benda padat. Untuk mendapatkan benda yang padat tersebut, saya menggunakan kabel dengan ketebalan berbeda," tandas Park.

www.dezeen.com Menariknya, karya Park ini ternyata berawal dari ketidaksengajaan. Proses menggambar yang menyenangkan membuat Park yakin bahwa gambarnya tersebut mampu direalisasikan menjadi benda yang sangat menarik.
Park belum membuat furnitur ini dalam produksi massal. Namun, seperti dapat disaksikan dalam portal desain Dezeen, idenya mendapat sambutan yang cukup hangat. Jika tertarik, maka desainer muda kelahiran 1988 ini bisa dihubungi melalui situs resminya di www.jinilpark.com.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com