Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kremlin Versi China Bikin Heboh Dunia Maya!

Kompas.com - 26/12/2013, 18:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber
KOMPAS.com - Apa yang tidak bisa dikerjakan oleh China? Semua hal tampaknya tidak mustahil. Mulai dari membangun gedung tinggi hanya dalam waktu 15 hari, hingga membuat hotel berbentuk koin.

Terbaru adalah saat koran Beijing Youth Daily yang dikutip AFP mempublikasikan gedung pemerintahan lokal kawasan pinggiran barat Beijing, tepatnya perdesaan Mentougou. Alih-alih mengadopsi arsitektur setempat, gedung pemerintahan ini justru merupakan duplikasi dari Kremlin. Nama terakhir adalah kompleks pemerintahan Rusia yang berbasis di kota Moskow.

Nah, kompleks pemerintahan serupa juga dikembangkan di pinggiran Beijing, lengkap dengan kubah emas, dan dinding bercat putih. Bukannya mengundang decak kagum, Kremlin versi Beijing ini justru mengundang kemarahan masyarakat setempat serta pengguna internet. Mereka mengutuk kehadiran bangunan mewah tersebut di dunia maya.

Mereka menulis, "Berani melakukan hal semacam ini bahkan di dalam kota kekaisaran, saya kira kaisar sedang jauh hari itu?".

Lainnya bersuara seperti ini, "Otoritas Mentougou, saya tidak tahu bagaimana Anda dapat tidur di malam hari."

Beberapa mengatakan mereka terkejut bahwa bangunan ini merupakan kompleks kantor pemerintahan bukan proyek hewan peliharaan dari seorang pengusaha kaya.

Betapa tidak mengundang kemarahan, bila kompleks bangunan tersebut menelan biaya serentang 1,5 juta dollar AS (Rp 18,2 miliar) hingga 3,5 juta dollar AS (Rp 42,6 miliar). Deretan angka yang memantik kemarahan di tengah pelarangan membangun gedung pemerintahan baru. Terlebih dana yang digunakan untuk membangun duplikat Kremlin tersebut berasal dari pinjaman. Sehingga membebani utang pemerintah daerah.

Dari foto yang dilampirkan AFP, tampak bahwa kompleks pemerintahan ini sangat luas, dengan banyak jendela dan selalu memantulkan cahaya yang berasal dari menara melengkung. Menara melengkung ini mirip dengan katedral "Annunciation" di istana kepresidenan Rusia.

Bangunan-bangunan yang berada di kompleks pemerintahan ini diperuntukan sebagai kantor bagi biro cuaca, seismologi, pengairan dan lansekap.




 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com