Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Changi Gandeng CapitaMalls Bangun Pusat Belanja

Kompas.com - 26/12/2013, 11:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bila Singapura punya rencana, maka hal itu akan menjadi kenyataan yang sempurna. Tak percaya? Mereka menambah fasilitas Bandara Internasional Changi dengan membangun properti komersial multifungsi berkode Project Jewel.

Adalah Changi Airport Group (CAG) berkolaborasi dengan pengembang raksasa spesialis pusat belanja, CapitaMalls Asia (CMA), yang akan merealisasikan pekerjaan besar tersebut. Keduanya telah menandatangani kerjasama dengan skema joint venture (patungan modal).

Project Jewel ini menawarkan berbagai fasilitas untuk operasional bandara, pusat belanja dan ruang atraksi sekaligus rekreasi. Fasilitas baru ini juga diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan lebih banyak dan memperkuat daya tarik Bandara Changi sebagai hub internasional.

Biaya pembangunan proyek ini diperkirakan mencapai 1,47 miliar dollar Singapura atau setara Rp 14,1 triliun. Termasuk investasi akuisisi lahan yang berada tepat di situs parkir kendaraan Terminal 1 seluas 3,5 hektar.

Uniknya, Project Jewel memiliki desain fasad berbentuk kubah yang terbuat dari kaca dan baja serta diproyeksikan menjadi tengara ikonik dalam lanskap Bandara Changi. Kompleks ini terdiri atas lima lantai bangunan utama plus lima lantai ruang bawah tanah (basement) dengan total luas bangunan mencapai 134.000 meter persegi.

Project Jewel terbagi atas peruntukan operasional bandara seluas 17.000 meter persegi, ruang atraksi seluas 22.000 meter persegi, hotel mencapai 5.000 meter persegi, dan pusat belanja seluas 90.000 meter persegi.

Khusus untuk pusat belanja, ruang sewa yang terletak di basement 2 sampai lantai 5 dialokasikan seluas 53.500 meter persegi.

Project Jewel dirancang ramah lingkungan. Tak main-main, porsi taman dan ruang terbukanya termasuk skala besar lengkap dengan air terjun setinggi 40 meter.

Konstruksi proyek ini dijadwalkan mulai semester kedua 2014 mendatang dan dibuka pada akhir 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com